7 Alat Yang Wajib Dimiliki Home Brewer

7 alat home brewer

Bagi pencinta kopi, minum kopi bukan hanya sebuah rutinitas. Menikmati kopi telah menjelma menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan. Kopi bukan lagi sekadar minuman, tapi menjadi nyawa juga belahan jiwa. Tak heran bila dewasa ini banyak bermunculan home brewer.

Home brewer adalah mereka yang ingin menikmati kopi dengan rasa dan suasana yang lebih intim. Mereka lebih suka menggiling, menyeduh, dan menikmati kopi di rumah ketimbang di kedai kopi. Kenikmatan hakiki ketika dapat menyajikan kopi bagi diri sendiri, keluarga, orang terkasih, sahabat, dan kawan-kawan yang berkunjung ke rumah. Tak jarang para home brewer ini pun menjajal kemampuannya di berbagai kompetisi kopi.

Bagi Abdi Kopi yang ingin menjadi home brewer berikut peralatan yang wajib dimiliki:

1. Grinder

Alat pertama yang wajib dimiliki adalah grinder atau penggiling kopi. Ada dua jenis grinder yang bisa dipilih, grinder manual atau elektrik. Harga grinder manual lebih terjangkau karena menggunakan kekuatan tangan dan tidak menggunakan daya listrik. Sedangkan harga grinder elektrik sangat bervariasi. Kini di pasaran sudah tersedia grinder elektrik yang juga ramah kantong.

2. Scale

Seperti namanya scale atau timbangan digunakan untuk menimbang berat biji kopi yang akan diseduh.  Ada banyak scale khusus kopi yang dijual di pasaran. Perbedaannyaa, scale kopi biasanya memiliki tingkat akurasi sepersepuluh gram (0,1 gram) dan terdapat fitur timer. Scale ini tidak hanya digunakan untuk menimbang biji kopi saja, namun juga air yang digunakan untuk menyeduh dan lama waktu seduh. Karena rasio yang tepat antara air dan biji kopi akan menghasilkan secangkir kopi yang nikmat.

Scale yang memiliki fitur timer memang lebih mahal harganya. Abdi Kopi bisa menyiasatinya dengan menggunakan timbangan dapur digital lalu kombinasikan dengan timer terpisah. Kini terdapat juga aplikasi timer ponsel khusus kopi.

3. Gooseneck Kettle

Gooseneck kettle atau disebut juga dengan teko leher angsa sangat membantu ketika melakukan seduh manual, khususnya metode pour over. Dengan bentuk leher angsa pada teko, maka air yang keluar akan lebih stabil dengan debit lebih kecil sehingga lebih merata ketika menuangkan air panas ke permukaan kopi. Selain faktor bentuk teko, gerakan tangan ketika mengendalikan teko leher angsa juga memiliki peranan yang penting agar bisa menyajikan kopi yang nikmat. Setiap orang memiliki ciri khas sendiri, maka dari itu rasa kopi yang dihasilkan juga akan memiliki keunikan masing-masing ketika diracik oleh tangan yang berbeda.

4. Alat Seduh Manual

Alat seduh tentunya jadi salah satu benda penting dan wajib dimiliki. Hario V60 adalah alat yang banyak dipakai baik di kedai oleh para penyeduh rumahan. Harganya tidak terlalu mahal dan dapat menghasilkan seduhan yang nikmat. Selain Hario V60, ada masih banyak pilihan alat seduh lain seperti Kalita Wave, Crystal Dripper, atau Chemex.

Alat seduh manual memiliki kelebihan dapat mengeluarkan rasa dan aroma yang khas dari setiap jenis kopi. Home brewer bisa bereksperimen dengan alat seduh manual, grind size, dan air. Rasio antara bubuk kopi, jumlah air, dan panas air juga bisa dimainkan. Banyak hal menarik tercipta dari alat seduh manual ini.

5. Server

Server adalah alat yang digunakan untuk menampung seduhan kopi terutama untuk alat seduh manual. Bentuk dan bahan server juga beragam dan hal ini bisa sedikit berpengaruh terhadap citarasa akhir hasil seduhan.

6. Pemanas Air dan Termometer

Sebetulnya memanaskan air untuk seduhan kopi bisa menggunakan apa saja. Namun akan lebih baik dan praktis menggunakan teko elektrik. Ada dua jenis teko elektrik, yaitu yang dilengkapi dengan pengatur suhu dan yang tidak. Dengan adanya pengatur suhu, Abdi Kopi dapat mengeset suhu air dan dapat mempertahankan suhu tersebut. Sedangkan teko elektrik yang tidak dilengkapi pengatur suhu membutuhkan termometer sebagai alat pemantau suhu.

7. Wadah Penyimpanan

Wadah penyimpanan atau stoples sangat berpengaruh bagi kesegaran biji kopi. Stoples mempunyai bentuk dan bahan yang beragam. Pilihlah stoples yang berbahan kaca, stainless steel, atau plastik food grade. Pastikan stoples ini kedap udara, disimpan di tempat bersuhu ruangan, tidak lembab, dan tidak terkena sinar matahari langsung. Setiap jenis biji kopi sebaiknya disimpan di toples terpisah agar rasanya tidak bercampur.

Itulah 7 alat yang wajib dimiliki home brewer untuk mempermudah penyajian kopi. Meski begitu sebagus apa pun peralatan seduh kopi, faktor utama kenikmatan kopi tetap penyeduhnya. Kopi memang tak hanya tentang peleburan antara air dan bubuk kopi, tapi juga keahlian dan cinta ketika meraciknya. Semakin Abdi Kopi sering bereskperimen dan berlatih semakin nikmat baik dan konsisten rasa seduhan kopi yang tercipta.

One thought on “7 Alat Yang Wajib Dimiliki Home Brewer

Tinggalkan komentar..