Minuman Berbasis Espresso

Pernah mengunjungi kedai kopi dan terintimidasi dengan menu minumannya? Bingung memilih antara macchiato, cappuccino, atau latte? Tenang, Anda tidak sendirian. Banyak orang tidak kenal dengan minuman berbasis espresso tersebut.

Agar tidak salah (dan malu-maluin) lagi saat memesan kopi favorit anda, baca dulu panduan berikut.

Minuman Berbasis Espresso

Sebelum membahas minuman yang menggunakan espresso sebagai bahan dasarnya, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apakah espresso itu.

Menurut Specialty Coffee Association of America (SCAA) espresso adalah minuman sebanyak 25-35ml yang dibuat dengan menyeduh 7-9 gram kopi dengan air bersuhu 88-92°C dan bertekanan 9-10atm dalam waktu 22-28 detik yang menghasilkan cairan sekental madu hangat dan busa keemasan (crema) di atasnya.

Mudahnya, espresso adalah cairan konsentrat hasil esktraksi kopi. Kebanyakan orang masih belum bisa meminum espresso secara langsung. Karenanya espresso biasa digunakan sebagai bahan dasar minuman lain.

Espresso Murni

  1. Espresso shot
    Shot adalah satuan espresso yang biasa digunakan. Berkisar antara 25-35ml untuk 1 shot, saat ini ukuran double shot (doppio) sekitar 45-60ml banyak menjadi standar untuk bahan dasar minuman lain. Terdapat juga ukuran triple shot untuk membuat minuman dengan volume lebih besar.
  2. Ristretto
    Ristretto yang berarti restricted mempunyai makna 1 dosis kopi untuk membuat espresso diseduh hanya dengan setengah dosis air. Hasilnya adalah cairan kental dengan volume 15-20ml namun dengan rasa yang lebih kaya. Double ristretto shot dengan volume 30-45ml biasa digunakan juga sebagai bahan dasar minuman kopi.
  3. Lungo
    Kebalikan dari ristretto, lungo menyeduh 1 dosis kopi dengan 2 dosis air. Hasilnya minuman dengan volume lebih banyak namun konsentasi rasa yang lebih ringan. Lungo sering disamakan dengan Americano karena mirip dari sisi volume.

Baca juga penjelasan lebih lanjut mengenai espresso, ristretto, dan lungo.

Espresso Campuran

  1. Americano
    Americano adalah double shot espresso yang dicampur air panas dengan perbandingan 1:3 – 1:4. Konon, tentara Perang Dunia 2 asal Amerika yang bertugas di Italia, tidak kuat minum espresso murni. Mereka mencampur espresso dengan air panas untuk mendapatkan kopi yang lebih ringan.
    Variasi dari minuman ini adalah Long Black di mana air panas dituang lebih dulu ke dalam gelas sehingga tidak merusak crema dari espresso yang dituang belakangan.
  2. Cafè Macchiato
    Cafè macchiato terbuat dari espresso (single atau double shot) yang diberi topping sedikit buih dari steamed milk. Kata macchiato sendiri berarti marked yang maknanya “menodai” hitamnya espresso dengan putihnya susu.
    Terdapat juga variasi yang menggunakan double shot ristretto untuk rasa yang lebih kaya.
  3. Cappuccino
    Cappuccino biasa terbuat dari 1 bagian espresso dicampur dengan 1 bagian steamed milk dan 1 bagian buih susu. Hasilnya adalah minuman dengan tekstur lembut dengan rasa kopi yang masih kuat.
    Dalam bahasa Italia kata cappuccino berarti dari little cup, sesuai dengan ukuran cangkir yang digunakan. Namun sejarah juga menyebutkan bahwa nama ini adalah penghormatan kepada pendeta Cappuchin yang memakai jubah berwarna kecoklatan persis seperti warna cappuccino.
    Beberapa variasi cappuccino menggunakan cokelat bubuk, kayu manis, ataupun gula palem sebagai taburan di atas foam susunya yang tebal.
  4. Cafè Latte
    Sama seperti cappuccino, cafè latte terbuat dari espresso yang dicampur dengan steamed milk. Perbedaannya terletak pada banyaknya buih susu. Perbandingan susu pada pada cafè latte lebih banyak daripada buihnya. Karenanya rasa susu pada cafè latte paling dominan dibanding cappuccino atau macchiato.
    Penyebutan cafè latte sudah lumrah disingkat menjadi latte saja. Namun jika Anda berkunjung ke Italia dan memesan latte, Anda akan diberikan secangkir susu hangat tanpa kopi sama sekali!
    Variasi dari minuman ini adalah Piccolo Latte yang terbuat dari single shot ristretto, juga Magic Latte yang terbuat dari double shot ristretto.
  5. Caffè Affogato
    Caffè affogato adalah espresso yang dberi eskrim sebagai pengganti susu. Berarti tenggelam dalam bahasa Italia, lelehan eskrim pada affogato memang seperti ditenggelamkan oleh hangatnya espresso.
  6. Caffè Mocha
    Caffè mocha mencampurkan kopi, susu, dan cokelat dengan perpaduan yang pas. Saat ini cokelat bubuk lebih banyak digunakan daripada cokelat cair ataupun susu cokelat karena dianggap lebih praktis.

Masih banyak lagi minuman yang menggunakan espresso sebagai bahan dasarnya. Setiap kedai dan barista biasa mempunyai menu unik hasil kreasi sendiri yang tidak terdapat di kedai lain. Panduan minuman berbasis espresso ini tentunya bisa menjadi dasar. Minimal pengetahuan kopi Anda bertambah dan bisa sedikit pamer di hadapan teman dan rekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *