Kettle Suji, Gooseneck Kaca Buatan Indonesia

Selain penggiling kopi, teko leher angsa adalah peralatan manual brew yang paling penting dan paling banyak dicari. Namun teko berkualitas sedikit sulit dicari. Hampir semua teko leher angsa adalah buatan luar negeri. Dan sudah bukan rahasia lagi, harganya pasti mahal. Kettle Suji diharapkan bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Suji Premium Handcrafted bekerjasama dengan Kopi Dewa menghadirkan teko leher angsa untuk pecinta manual brew di Indonesia. Setelah melewati tahapan desain dan uji coba yang cukup panjang, akhirnya teko ini telah launching di pasaran. Berbekal pengalaman berpuluh tahun sebagai produsen peralatan lab tentunya bukan hal sulit untuk mengkreasikan sebuah teko berbahan kaca tahan panas.

Dengan bahan dasar kaca borosilikat yang biasa dipakai di laboratorium, teko ini dapat menahan panas hingga 268 °C. Hal ini membuat Kettle Suji dapat dipakai langsung di atas kompor tanpa khawatir akan pecah. Namun perubahan warna dan kejernihan tetap mungkin terjadi karena jelaga kompor dan endapan mineral.

Kaca borosilikat juga lebih tahan terhadap perubahan suhu yang drastis. Kaca biasa hanya tahan terhadap perbedaan suhu sebesar 35 °C, dan biasanya “meletek” saat dituang air panas dan dingin bergantian. Kaca borosilikat bersifat shock resistant hingga 165 °C sehingga aman diisi air panas bahkan ketika teko dalam keadaan dingin. Tapi tentunya kaca ini tetap tidak tahan banting dan jatuh loh ya..

Selain bahan tahan panas, desainnya tidak sebatas cantik namun juga fungsional. Spout teko ini sangat memudahkan untuk menyeduh kopi dengan teknik slow pour. Ujungnya yang runcing tetapi lebar juga menunjang untuk teknik fast pour. Handle-nya nyaman untuk digengggam, panasnya badan kettle tidak merambat sampai ke pegangannya.

Dengan kapasitas maksimal 650 ml, teko ini cukup untuk menyeduh 3-4 cangkir kopi menggunakan Hario V60 atau Kalita Wave. Kemampuan menjaga panasnya pun cukup bagus. Di kapasitas maksimal 650 ml, air dalam teko hanya kehilangan suhu 3 °C dalam rentang waktu 5 menit.

Kettle Suji tentunya dapat menjawab kebutuhan dan perkembangan dunia perkopian di Indonesia. Dijual dengan harga Rp300.000, teko ini sudah jauh lebih murah daripada barang sejenis yang umumnya berasal dari Jepang. Selain itu kehadiran kettle ini dapat mengukuhkan keberadaan produk lokal Indonesia di dunia kopi internasional.

Keterangan lengkap

Nama Suji Kettle, Kopi Dewa Edition
Bahan Borosilicate glass standar laboratorium
Kisaran Suhu 0 °C – 268 °C
Shock resistant 165 °C
Dimensi P x L x T 26cm x 11cm x 14cm
Diameter bawah 11cm, diameter atas 7cm
Berat Kosong Teko 210 gram
Tutup 40 gram
Kapasitas maksimal 650 ml
Flow rate Slow pour 100 ml / menit
Fast pour 650 ml / 20 detik
Harga Rp300.000

KopiDewa mengulas peralatan kopi yang diterbitkan setiap hari Selasa secara dwimingguan. Sampaikan ide dan saran tentang produk yang ingin diulas pada kolom komentar.

5 Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *