Secangkir Kopi, Kafein dan Perihal Emosi Manusia

Secangkir Kopi, Kafein dan Perihal Emosi Manusia

Secangkir Kopi, Kafein dan Perihal Emosi Manusia—
Ada sebuah ungkapan yang mengatakan, mood Anda di pagi hari menentukan mood Anda sehari penuh. Itulah sebabnya mengapa Anda harus memulai hari dengan semangat dan suasana hati baik.

Bila Anda habis bergadang semalam atau ada masalah dengan orang tercinta akan sulit mengatur suasana hati menjadi baik. Tak perlu khawatir, buatlah secangkir kopi atau teh sebelum memulai aktivitas. Niscaya mood Anda akan membaik. Kafein juga terbukti menghilangkan suasana hati yang buruk tatkala diminum di pagi hari. Karena kafein dapat mengatasi keletihan, seperti halnya tidur sejenak sehingga mencegah Anda tenggelam lebih jauh dalam suasana hati yang buruk.

Manfaat secangkir kopi memang berlimpah. Kalau kita tilik lebih jauh lagi, sudah banyak pakar dan peneliti yang selalu mencari tahu perihal-perihal mengenai kandungan kafein dan perihal emosi manusia. Di antara segudang manfaat kafein yang paling luar biasa adalah bisa membangun pondasi semangat hidup. Ketika semangat hidup menjadi pupus dan hilang, kafein bisa membantu Anda semua kembali menghidupan dan menyalakan api semangat.

Efek kafein itu sendiri memang tergantung pada emosi dan suasana hati Anda. Kafein dan perihal emosi manusia memang sedikit banyaknya terhubung dengan suasana dan perilaku. Jika Anda tiba-tiba merasa baik, tidak gelisah, bahkan bisa dikatakan bahagia setelah mengonsumsi kafein maka efek stimulan kafein bekerja maksimal untuk Anda.

Apabila pada hari-hari kerja, Anda terus menerus diserang kecemasan, maka mengonsumsi kafein bisa dikatakan sebagai solusi. Kafein dapat menenangkan pikiran, meredamkan keresahan, dan memberikan Anda rasa bahagia dengan cepat tanpa efek samping. Maka itulah gunanya ada ritual coffe break. Dengan kata lain kafein sangat berguna membangun emosi positif dengan menghalau faktor yang membuat pikiran dan hati Anda keruh.

Dosis kafein 65 mg yang sebetulnya tidak sampai setengah dari kandungan kafein dalam secangkir kopi saring, lazimnya memberikan manfaat dalam mengatasi suasana hati yang buruk. Dosis 100-300 mg kafein menyebabkan perbaikan suasana hati sepanjang hari Anda, terutama jika Anda adalah pengguna rutin kafein. Bahkan Anda tidak perlu menambahkan jumlah asupan kafein agar tetap merasa bahagia. Orang yang meminum 1-2 cangkir kopi sehari akan berada dalam suasana hati yang lebih baik daripada orang yang tidak mengonsumsi sama sekali.

Mengapa kafein dapat memengaruhi emosi manusia? Begini, kafein bekerja dengan mengatur dan menyeimbangkan sejumlah sistem neurotransmiter, seperti sistem serotonin, dopamin, dan norepinefrin atau adrenalin yang membentuk perasaan. Kafein menghalau depresi dengan mengembalikan keseimbangan sistem serotonin. Kafein menyediakan tambahan energi dengan menstimulasi sistem neropinefrin. Itu pula sebabnya dengan mengonsumsi kafein, Anda akan rasa senang.

Pada 1993, sebuah penelitian diselenggaran oleh Kaiser Permanente Medical Care Program yang melibatkan 130.000 pria dan wanita, mengamati pengaruh kopi dan teh terhadap angka kematian. Fakta membuktikan bahwa risiko bunuh diri menurun dengan meningkatnya jumlah asupan kafein.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah kafein memiliki dampak negatif pada emosi manusia? Jawabannya, bisa iya. Kalau Anda mengonsumsinya secara berlebihan misalnya meneguk kafein dengan takaran 600 mg. Anda harus mengenal seberapa mampu tubuh Anda bisa mengonsumsinya dengan maksimal dan tepat sasaran. Kafein dengan dosis tinggi yang dikonsumsi secara rutin akan membuat seseorang memiliki emosi negatif atau dalam bahasa ilmiahnya disebut reaksi disforik.

Jadi kafein dan perihal emosi manusia memang bisa memengaruhi. Jangan biarkan diri Anda menjadi depresi saat menghadapi berbagai masalah hidup. Toh, Anda sudah tahu bahwa Anda bisa mengandalkan secangkir kopi sebagai titik permulaan kebahagiaan.

kopidewa

Menyuguhkan fakta dan info lengkap tentang kopi meliputi sejarah, trend, hingga bisnis kopi Indonesia dan dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *