Cara Sederhana Menenangkan Diri, Meditasi Bersama Kafein

Cara Sederhana Menenangkan Diri, Meditasi Bersama Kafein

Cara Sederhana Menenangkan Diri, Meditasi Bersama Kafein—

Stres berlebih yang berujung depresi kerap kali menghampiri masyarakat modern. Kelandaan ini bisa disebabkan banyak faktor dari urusan pekerjaan sampai rumah tangga.

Jika Anda termasuk di dalamnya, cobalah sesekali melakukan meditasi untuk mendapatkan ketenangan. Meditasi di sini bukanlah pergi ke dalam goa, menghindar dari keramaian, atau mengunci diri Anda di sebuah kamar berhari-hari.  Ada cara sederhana untuk mendapatkan lagi ketenangan yaitu meditasi bersama kafein.

Macha, teh hijau muda yang kerap disajikan dalam upacara minum teh ala Zen, memiliki aroma yang khas yakni kuat dan gurih. Tanaman teh ini, konon digunakan untuk tujuan terapi. Macha mengandung 4,5 % kafein dari berat totalnya. 2,5 % lebih besar dibandingkan kafein tertinggi daripada sumber botani mana pun di dunia dan memberikan banyak manfaat kafein. Kafein berperan penting dalam menghasilkan relaksasi yang menjadi tujuan perayaan upacara minum teh. Maka tak heran, upacara minum teh ala Zen memanfaatkan pengaruh kafein untuk menyelami meditasi. Bahkan Lao Tzu, penemu aliran Taoisme yang menulis buku Book of Tao, merenungi esensi alam raya ditemani oleh secangkir teh.

Tidak hanya teh, kopi juga berperan dalam sejarah panjang proses meditasi spiritual berabad-abad lalu. Ini terjadi ketika para sufi dan beberapa ahli ilmu spiritual terkenal di dunia muslim juga kerap kali bergantung pada kafein. Fungsi kafein membuat mereka terjaga dan tidak mengantuk ketika mereka melakukan meditasi spiritual di malam hari. Yang menjadi letak perbedaan antara Zen dan kaum Sufi dalam hal meditasi adalah kalau Zen bermeditasi sambil duduk, kaum Sufi melakukannya dengan tarian berputar-putar. Kedua kelompok ilmu spiritual tersebut menggunakan kafein untuk meningkatkan fokus dan nalar dalam merenungkan hakikat semesta dan Sang Pencipta.

Anda harus menyadari bahwa tingkat depresi berhubungan dengan peningkatan ketegangan. Tingginya kadar adrenalin dalam darah membuat seseorang tegang dan di saat bersamaan inilah meningkatkan kewaspadaan akan ada banyak bahaya yang menghantui di sekitar Anda. Peningkatan kewaspadaan yang dihasilkan kafein sebenarnya bukan berasal dari tingginya kadar adrenalin dalam darah melainkan karena proses relaksasi dalam deepend relaxtion. Apa itu deepend relaxtion? Yakni kewaspadaan dan keseimbangan mental yang Anda alami selama meditasi, diperkuat oleh kafein yang Anda konsumsi.

Tradisi duduk bermeditasi yang diperkenalkan oleh Zen telah ada ribuan tahun lalu. Ada beberapa pihak yang menentang kombinasi jitu antara kafein dan meditasi. Mereka telah salah paham karena mengategorikan kafein ke dalam kelompok yang sama dengan alkohol. Ini jelas pandangan yang salah kaprah. Kafein, kendati tergolong stimulan dan senyawa psikoaktif, mampu menciptakan kedamaian dan ketenangan dalam bermeditasi. Ini sudah dibuktikan oleh para ahli spiritual masa lampau bahwasanya meditasi bersama kafein tidak berbahaya malah sangat membantu.

Mungkin saat zaman dulu, ilmu pengetahuan belum dapat menjelaskan bagaimana mekanisme cara kerja kafein yang masuk ke otak sehingga menyebabkan ketenangan dan kestabilan mental selama meditasi. Kondisi tersebut bisa dipastikan tercapai berkat fungsi kafein dalam meningkatkan konsentrasi saat pelepasan dopamine dalam otak.

Jadi cara sederhana menenangkan diri saat Anda dilanda ketegangan atau stres adalah meditasi bersama kafein. Anda hanya harus membuat segelas teh atau secangkir kopi saring lalu meminumnya kemudian mulai bermeditasi. Metode meditasi bisa Anda sesuaikan dengan kenyamanan. Misalnya Anda ingin bermeditasi ala yoga atau berdzikir. Waktu bermeditasi pun tidak ada ketentuan. Bermeditasilah sampai Anda merasa cukup tenang dan siap beraktivitas kembali.

kopidewa

Menyuguhkan fakta dan info lengkap tentang kopi meliputi sejarah, trend, hingga bisnis kopi Indonesia dan dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *