Manfaat Kandungan Kafein Dalam Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat Kandungan Kafein Dalam Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat Kandungan Kafein Dalam Kopi Bagi Kesehatan—
Sebagaimana hal ihwal mengenai kafein yang telah Kopi Dewa jelaskan sebelumnya, banyak manfaat kafein yang tersembunyi. Kafein bisa meningkatkan kemampuan mental, kestabilan suasana hati, dan bisa meningkatkan performa atletik dalam waktu yang cukup singkat. Penjelasan ini juga dilatari oleh banyak penelitian mengenai senyawa kafein yang penelitiannya juga masih berlanjut sampai sekarang ini.

Jurnal-jurnal ilmiah penting di barat sudah banyak menyoroti efek kafein terhadap kesehatan. Kandungan kafein dalam kopi misalnya, memiliki daya yang cukup menakjubkan bagi seseorang.  Beberapa ratus tahun lalu, kopi dan teh datang ke benua Eropa. Penduduk di Eropa cukup antusias merasakan efek dari minuman baru tersebut. Terutama pada minuman yang bernama ‘kopi’. Karena di dalam kopi tersebut tersimpan kandungan kafein. Yang konon efeknya bisa melejitkan kreativitas, meredakan nyeri kepala, dan membuat tubuh kembali segar.

Awalnya kafein hanya dikenal sebagai obat, bukan sebagai kandungan yang terdapat di bahan makanan dan minuman. Dan hanya bisa didapatkan di tempat-tempat tertentu semisal di apotek. Pada awalnya, cairan berwarna gelap dan pekat yang diperoleh dari rebusan biji kopi disinyalir rasanya seperti obat atau jamu, sehingga jarang ada orang yang suka mengonsumsinya.

Mungkin dari Anda sebagian jarang mengenal nama satu ini, seorang pria bernama Pasqua Rosee. Pasqua adalah seorang pendiri kedai kopi pertama di London, pada tahun 1652, saat ia membuka kedai kopi pertama di London. Ia menulis sebuah iklan yang cukup membuat orang-orang di masa itu penasaran dengan kopi, karena bisa menimilisir penyakit ringan. Begini bunyi kalimatnya:

“Kopi membuat orang lebih bersemangat dan baik untuk mengatasi keletihan mata, kopi meredakan sakit kepala. Dan mencegah serta memperlebar saluran udara menuju paru-paru.

 Kopi juga baik untuk mencegah dan mengobati beri-beri, nyeri sendi, serta kekurangan vitamin C. Berdasarkan pengalaman, kopi adalah minuman terbaik sepanjang zaman.

Cairan ini mencegah keletihan dan memperlancar urusan bisnis kita saat kita menghadapi negoisasi yang membutuhkan konsentrasi. Oleh karena itu, jangan pernah meminum kopi selepas makan malam, kecuali Anda ingin terjaga sepanjang malam. Kopi Anda menunda waktu tidur Anda selama 3 – 4 jam.”

Efek kafein dalam kopi memang masih menjadi tema yang menarik sampai saat ini di kalangan pengamat, peneliti dan ilmuwan. Salah satu manfaat kandungan kafein dalam kopi bagi kesehatan, bisa kita lihat pada sebuah penelitian di tahun 1998. Kebiasaan minum kopi secara rutin terbukti berhubungan langsung dengan penurunan tekanan darah seseorang. Penelitian ini melibatkan lebih dari 3000 ribu pria lebih keturunan Jepang yang usianya berada pada kisaran 48 sampai 60 tahunan, membuktikan bahwa jumlah asupan kopi berbanding terbalik dengan tekanan darah.

Penelitian tersebut juga mendukung penelitian lain bahwa konsumsi kopi secara rutin berkaitan dengan penurunan tekanan darah. Masyarakat pun dapat mengandalkan kopi untuk menenangkan diri agar lebih rileks. Jika dilakukan secara teratur tekanan darah akan menurun.

Bukan hanya mampu menurunkan tekanan darah, tapi efek kafein juga bisa menimilisir risiko penyakit kanker.  Dalam buku Evaluation of Coffee and Cafeine  For Mutagenic, Carcinogenic, and Anticarcinogenic Activity yang terbit pada tahun 2000, sang penulis Richard H. Adamson Ph. D meringkas dan menulis empat hasil penelitian epidemiologi dan menyimpulkan bahwa jumlah asupan kafein berkaitan dengan efek perlindungan perkembangan kanker payudara. Dua penelitian di antaranya menyatakan 3-4 cangkir kopi dalam sehari bisa menurunkan insiden kanker payudara secara signifikan.

Sumber gambar: https://medium.com/life-hacking-2/complete-guide-on-how-caffeine-affects-our-body-and-alternatives-to-coffee-to-try-1ea75b8656

kopidewa

Menyuguhkan fakta dan info lengkap tentang kopi meliputi sejarah, trend, hingga bisnis kopi Indonesia dan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *