Beberapa Manfaat Kafein yang Tersembunyi

Beberapa Manfaat Kafein yang Tersembunyi

Beberapa Manfaat Kafein yang Tersembunyi—
Bukan tanpa alasan mengapa kafein menjadi salah satu senyawa yang sangat populer dan dibutuhkan oleh masyarakat. Seperti dalam artikel sebelumnya ‘Mengenal Kafein dan Manfaatnya Bagi Tubuh’, Kopi Dewa telah menyinggung beberapa manfaat kafein yang tersembunyi. Karena selama ini, kebanyakan masyarakat kerap kali tidak mengetahui manfaat kafein tersebut selain membuat tubuh tetap terjaga dan fokus.

Padahal kalau Anda tilik lebih jauh, kafein memiliki segudang manfaat yang luar biasa bagi tubuh dan kesehatan manusia. Para ilmuwan telah mempelajari bahwa selain menghambat penyerapan adenosine—bahan kimia alami tubuh Anda—yang membuat Anda lebih kantuk, kafein juga memiliki efek signifikan terhadap neurotransmiter lainnya. Seperti dopamine, asetilkolin, serotonin, dan norepinefrin.

Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat kafein bisa memperbaiki suasana hati Anda. Membuat Anda lebih bahagia, tenang, serta menurunkan ketegangan pada otak dan melindungi sel otak dari penuaan dengan cara meningkatkan transmisi dopamine.

Dopamine merupakan neurotransmiter yang mirip dengan adrenalin. Fungsinya untuk mempengaruhi proses otak dalam mengontrol gerakan, respon emosional, dan kemampuan untuk merasakan kesenangan maupun rasa sakit.

Meningkatkan Daya Ingat

Kafein mampu meningkatkan daya ingat jangka panjang dengan cara meningkatkan aktivitas asetilkolin. Asetilkolin berfungsi untuk mentransmisikan sinyal atau rangsangan yang diterima untuk diteruskan ke sel-sel saraf yang berdekatan.

Menajamkan Logika

Para ilmuwan melakukan penelitian selama berpuluh-puluh tahun kemudian membuktikan bahwasannya kafein ternyata dapat meningkatkan kecepatan dan akurasi logika manusia. Kafein mampu memberikan suatu kinerja tinggi dalam uji korelasi-korelasi makna kata. Para ilmuan melakukan ujicoba terhadap manusia dengan cara menghadapkannya pada beberapa pernyataan dan memintanya untuk memutuskan berdasarkan pengetahuan umum, pernyataan mana yang benar.

Memperkuat Konsentrasi

Kafein dapat memperkuat konsentrasi. Kafein mampu memberikan setidaknya peningkatan pada rasio kecepatan berhitung, karena perbaikan konsentrasi dan proses berpikir. Kemudian kafein juga dapat meningkatkan daya ingat serta peningkatan performa dalam melakukan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan mengingat sesuatu yang sulit. Fantastis!

Membantu Orang Agar Sehat Secara Mental dan Fisik

Kafein membatu Anda agar sehat secara mental dan fisik. Secara fisik, bagi penderita asma, kafein terbukti mampu meringankan asma. Karena teofilin salah satu sepupu kimia kafein bisa digunakan sebagai senyawa aktif yang diresepkan untuk asma.

Manfaat kafein juga bisa mempercepat mesin metabolism tubuh Anda. Semisal ketika Anda letih dan mengantuk laju metabolisme tubuh akan menurun. Kafein akan menormalkan laju metabolisme pada orang yang kurang tidur. Dengan kata lain, kafein mengatasi keletihan dan mengembalikan kebugaran tubuh.

Mekanisme kerja kafein dalam meningkatkan performa mental selalu berhubungan dengan kerja sistem neourotransmiter yang rumit. Yaitu metabolisme otak dan stimulasi sistem saraf pusat secara umum. Kisah lengkap tentang proses biofisika yang melatarbelakangi kerja kafein sebagai penghasil rangsangan sebetulnya masih dikaji hingga kini.

Kafein mengurangi depresi, membuat kita lebih santai, waspada, bersemangat, dan meredakan migrain dengan cara meningkatkan kadar serotonin. Serotonin berfungsi untuk mengatur mood, hasrat dan fungsi seksual, nafsu makan, tidur, ingatan dan pembelajaran, dan segala hal yang bersifat sosial.

Menyoal senyawa kafein memang cukup kompleks dan belum selesai dikaji hingga kini. Hal ini hanya bisa dipahami oleh para ahli seperti apoteker, dan para dokter di bidangnya. Setidaknya dari hasil penelitian para ilmuan yang ahli di bidangnya ini, kita bisa menguak sedikit misteri beberapa manfaat kafein yang tersembunyi.

Sumber gambar:  http://static3.businessinsider.com/image/55db47bdbd86ef16008b56bc-1190-625/surprising-ways-that-caffeine-affects-your-body-and-brain.jpg

kopidewa

Menyuguhkan fakta dan info lengkap tentang kopi meliputi sejarah, trend, hingga bisnis kopi Indonesia dan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *