Public Cupping Kopiku

Tanggal 18 Oktober lalu saya berkesempatan menghadiri acara Public Cupping yang diadakan oleh PT. Kopiku Indonesia. Atas undangan Rama Fajrin saya pun berangkat ke kantor Kopiku Jakarta yang berlokasi di Jalan Hangtuah Raya no. 9, satu gedung dengan Trafique Cafe.

Acara dijadwalkan mulai pukul 10 pagi. Namun karena saya memesan travel paling pagi dari Bandung saya bisa tiba lebih awal dan berkesempatan mengobrol panjang dengan Rama. “Ada 12 varian kopi akan dicupping hari ini,” ceritanya. “4 kopi lokal dari Jawa Barat, Bali Kintamani, Papua Bombomani dan Toraja Awan. Juga 8 kopi luar negeri dai India, Burundi, Ethiopia, Brazil, dan Colombia.”

Setelah beberapa kali acara cupping yang diadakan Kopiku, ini adalah acara pertama yang dibawakan oleh Rama. Selain untuk memperkenalkan varian kopi terbarunya, Kopiku juga ingin mengajak para penikmat dan pelaku bisnis kopi mempelajari cupping sesuai dengan protokol yang dikeluarkan oleh Specialty Coffee Asociation of America (SCAA).

Antusiasme terlihat dari jumlah peserta yang datang dan keinginan mereka mempelajari cara cupping yang benar. Walau sedikit “ribet” karena lebih banyak variabel yang diatur, baik peserta maupun panitia tetap semangat sampai akhir acara. Pun tak sedikit pertanyaan yang diajukan dan dijawab dengan lancar oleh Rama dan kawan-kawan.

Tentunya acara seperti ini diharapkan lebih sering diadakan lagi. Sehingga pengetahuan tentang dunia perkopian makin meluas di Indonesia. Mari kita tunggu jadwal public cupping selanjutnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *