Mengenal Beberapa Varian Minuman Espresso

Mengenal Beberapa Varian Dari Espresso

Mengenal Beberapa Varian Minuman Espresso
Kopi memang bukan berasal dari Italia. Namun yang pasti sejarah mesin dan minuman espresso berasal dari sana.Seperti dijelaskan artikel sebelumya, istilah espresso mengacu pada kata caffè espresso yang artinya kopi cepat. Kopi cepat ini terlahir dari kebutuhan orang-orang yang ingin meminum kopi dengan cara penyajian yang cepat.

Hal tersebut memicu seorang pemilik hotel bernama Angelo Moriondo untuk merancang mesin pembuat kopi yang dapat membuat kopi dengan waktu yang relatif singkat pada 1884. Mesin tersebut kemudian dikembangkan oleh Luigi Bezzera yang menambahkan fitur penggunaan uap. Lalu disempurnakan oleh Pavoni yang melakukan inovasi dengan menambahkan sebuah katup rilis untuk mengontrol tekanan mesin. Terakhir, Achille Gaggia menemukan lapisan busa keemasan mengambang di atas permukaan espresso yang dinamakan crema. Penemuan Gaggia memberikan warna baru bagi standarisasi secangkir espresso.

Espresso merupakan ekstraksi sari kopi sebanyak 25 sampai 30 ml. Rasanya perpaduan antara manis, pahit, dan asam yang segar dan kuat. Namun espresso tidak boleh meninggalkan rasa pahit yang mengganggu. Dahulu, biji kopi untuk espresso disangrai gelap atau matang sekali. Namun kini, espresso disajikan dari biji kopi yang disangrai medium, sehingga rasa pahitnya bisa diredam.

Kandungan kafein dari espresso sebetulnya tidak sebanyak kopi tubruk. Kadar kafein dipengaruhi oleh spesies yang digunakan, arabika atau robusta. Selain itu tingkat penyangraian juga sangat mempengaruhi banyaknya kafein. Misalkan bahan dasar espresso adalah arabika, kandungan kafeinnya menjadi lebih rendah. Rasanya pun tidak sepahit kopi robusta.

Sebetulnya penggunaan jenis bahan dasar espresso dengan robusta dan arabika memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Ketika menggunakan arabika, rasa pahitnya memang berkurang. Dan ketika menggunakan robusta rasa pahitnya lebih kuat. Namun robusta bisa menghasilkan rasa yang lebih gurih dan penuh ketika espresso dicampur dengan susu. Sedangkan arabika biasanya menghasilkan rasa yang lebih manis dan lembut.

Mari sedikit berkenalan dengan beberapa varian minuman espresso. Anda pasti telah sering menderita yang namanya Machiato, Caffe Latte, Americano, Cappuccino dan lain sebagainya. Semua adalah minuman yang berbahan dasar espresso. Supaya lebih jelas, berikut adalah beberapa menu minum espresso based yang biasa terdapat di kafe dan kedai kopi.

  1. Cappuccino
    Cappuccino adalah menu favorit di banyak negara. Pasalnya penambahan foam atau busa susu membuat espresso terlihat unik dan menarik. Secangkir cappuccino terdiri dari satu bagian espresso, satu bagian susu, dan satu bagian buih susu. Buih ini terkadang bisa membumbung tinggi mencapai 3 cm dari permukaan.
  2. Caffè Latte
    Caffè latte, biasa disingkat dengan hanya latte saja, adalah espresso yang ditambahkan susu. Beda latte dengan cappuccino adalah banyaknya busa susu yang ditambahkan. Idealnya, lapisan busa susu pada latte tidak setebal pada cappuccino.
  3. Macchiato
    Secara bahasa, macchiato berarti noda. Caffè macchiato adalah espresso yang “diberi noda” sedikit buih susu. Sedangkan latte macchiato adalah susu yang dinodai oleh espresso. Perbedaannya ada pada minuman mana yang lebih dulu dituang ke gelas, espresso atau susu.
  4. Americano atau Long Black
    Americano atau long black adalah 1 bagian espresso yang diencerkan dengan 3-5 bagian air panas. Sama seperti caffè/latte macchiato, perbedaannya terletak pada mana yang lebih dulu dituang ke cangkir. Espresso atau air panas.
  5. Caffè Mocha
    Caffè mocha adalah campuran dari 3 jenis minuman favorit orang Italia. Espresso,
    susu, dan cokelat. Rasanya sangat kaya dan dianggap sebagai minuman mewah hingga sekarang.

Itulah beberapa varian minuman espresso. Untuk lebih jelasnya tunggu artikel Kopi Dewa yang membahas lebih detail tentang minuman tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *