Tren Es Kopi Susu Yang Digandrungi Generasi Milenial

Tren Es Kopi Susu Yang Digandrungi Generasi Milenial

Berbicara tentang kopi susu, memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Olahan minuman kopi ini memang sudah sejak lama ada, namun sekarang muncul tren kopi susu kekinian yang digandrungi oleh generasi milenial. Apa sih yang membuat kopi susu ini menarik?

Kopi susu kekinian ini mulai digandrungi pada pertengahan tahun 2018 hingga kemudian menjadi tren di kalangan generasi muda dan melejit menjadi trending topic di kalangan foodies.

Kopi susu yang sering disajikan masyarakat pada umumnya yaitu bubuk kopi bercampur gula, krimer, atau kental manis. Sehingga rasa yang timbul adalah pahit kopi dan rasa manis yang sama-sama mengigit. Agar rasanya lebih lembut biasanya ditambahkan krimer bubuk atau cair. Kopi susu tradisional ini dapat disajikan panas atau dingin. Maka di kopi susu kekinian ini rasanya berasal dari campuran kopi—kebanyakan memilih kopi robusta—susu, dan gula aren sehingga menghasilkan rasa yang lembut, legit, dan nikmat. Lebih tepatnya rasanya nge-blend banget. Keistimewaan lainnya adalah biarpun dicampur es batu, saat mencair rasanya tetap konsisten. Bisa jadi kelembutan dan kelegitan inilah yang membuat es kopi susu kekinian menjadi primadona.

Tren es kopi susu ini dimulai dari sebuah kedai kopi di bilangan Jakarta Selatan, hingga sekarang kedai kopi lain mulai berlomba menyajikan es kopi susu yang diberi nama-nama unik. Bahkan tak hanya para generasi milenial saja yang tertarik, Presiden Jokowi pun pernah menyambangi sebuah kedai kopi untuk menikmati kopi susu yang hits ini.

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang membuat es kopi susu ini sangatlah diminati, khususnya di kalangan generasi milenial. Berbeda dengan kopi berbasis espresso dan manual brewing yang membutuhkan proses yang cukup rumit dan harus segera diteguk agar rasa kopi tetap otentik. Maka es kopi susu memberikan pilihan yang berbeda, es kopi susu bisa langsung atau bisa berlama-lama dinikmati karena rasanya yang cenderung konsisten. Selain itu, minuman ini juga dikemas dalam wadah yang praktis sehingga mudah untuk dibawa, bahkan ketika dipesan lewat jasa transportasi online tidak perlu khawatir rasanya akan berkurang.

Kepopuleran es kopi susu semakin menanjak, tak dapat disangkal karena peran media sosial. Kedekatan generasi milenial dengan gawai, internet, dan kecanduan terhadap media sosial mengambil andil paling besar. Banyak yang berlomba menampilkan feed berisi gambar es kopi susu kekinian sehingga semakin banyak orang penasaran dan ingin mencoba. Terutama para foodies yang terus memamerkan hasil foto es kopi terbaiknya. Tak perlu heran ketika ada kedai-kedai kopi menyajikan menu es kopi susu segera saja diburu untuk kebutuhan konten media sosial, khususnya Instagram dan Youtube.

Kopi susu ini memiliki rasa kopi yang tidak terlalu kuat, sehingga cocok dikonsumsi bagi yang mempunyai masalah lambung namun tetap ingin menikmati kopi. Apalagi minuman ini disajikan dalam kondisi dingin sehingga cocok dinikmati di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Ditambah lagi harga es kopi susu juga terjangkau, semakinlah digandrungi dan laris manis.

Keberadaan es kopi susu ini bisa dibilang menjadi penanda positif bagi perkembangan industri kopi di Indonesia. Sebab dapat menjadi alternatif untuk memperkenalkan kopi ke masyarakat yang lebih luas. Banyak orang yang masih takut minum kopi, senikmat apa pun rasa dan aroma yang dihasilkan. Munculnya tren es kopi susu ini memberi jalan memperkenalkan  kopi-kopi Nusantara.

Setiap orang memiliki jalan yang berbeda untuk bisa mencintai kopi. Ada yang tergila-gila dengan speciality coffee, ada yang menyukai citarasa kopi dengan segala kerumitan dan rasa aslinya. Namun ada pula yang baru bisa jatuh cinta pada kopi dengan jalan mencari rasa manis di antara pahitnya, salah satunya dengan meminum es kopi susu.

Ingin mengajak orang untuk mencintai kopi tidak semua bisa serta merta menyuguhinya dengan kopi tubruk atau kopi tanpa gula. Tapi dapat dimulai dengan minuman kopi berbasis susu atau kopi yang memiliki level manis lebih besar, seperti cafe latte, capuccino, dan es kopi susu. Baru kemudian mengenalkannya pada kopi yang lebih kuat seperti americano dan kopi seduhan pour over.

Jalan sunyi masing-masing orang untuk menikmati kopi tidak bisa disamaratakan. Tak perlu memandang sebelah mata keberadaan kopi susu, sebab cara pembuatan es kopi susu kekinian pun tidak sesederhana yang dikira. Es kopi susu tersebut tetap harus melewati pemilihan kopi yang tepat, membandingkan rasio kopi, es batu, dan susu agar menghasilkan rasa yang pas. Belum lagi pemilihan jenis susu, penambahan krim, juga pemilihan gula aren.

Melihat tren es kopi susu jangan dilihat sebagai kemunduran dunia kopi, justru harus dilihat sebagai jalan untuk menyebarkan rasa cinta pada kopi kepada mereka yang belum bisa menikmati kopi tanpa campuran. Karena apa pun jenis kopinya, yakinlah ia diracik dengan cinta.

kopidewa

Menyuguhkan fakta dan info lengkap tentang kopi meliputi sejarah, trend, hingga bisnis kopi Indonesia dan dunia.

One Ping

  1. Pingback: Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Kedai Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *