Tips Menyimpan Kopi

Setelah melalui tahapan roasting, umur kopi menjadi sangat pendek. Kualitasnya semakin hari semakin menurun dan sayangnya ini adalah proses alami yang tidak bisa dicegah. Namun ada beberapa tips menyimpan kopi yang dapat digunakan untuk memperpanjang umur kualitas kopi. Berikut di antaranya:

  1. Simpan dalam wadah kedap udara
    Jika kemasan kopi yang Anda beli bisa disegel ulang, tidak perlu memindahkan kopi ke dalam tempat lain. Cukup kunci segel kemasan dengan rapat, dan kopi Anda akan bertahan lebih lama. Namun jika kemasan tidak bisa disegel ulang, pindahkan kopi ke dalam wadah kedap udara.
  2. Jauhkan dari panas dan cahaya
    Panas dan cahaya, terutama dari sinar matahari, akan mempercepat proses staling. Sebisa mungkin, simpan kopi dalam ruangan gelap dan sejuk. Jika wadah Anda transparan, Anda bisa menutup wadah tersebut dengan kardus atau penutup lainnya.
  3. Jangan taruh kopi dalam kulkas
    Walaupun banyak yang melakukannya, cara ini tidaklah efektif. Malahan, aroma dari makanan dan isi kulkas lainnya bisa meresap dan membuat kopi berbau tidak enak.
  4. Taruh di tempat kering
    Kelembaban adalah musuh utama bahan makanan apa pun, termasuk kopi. Pastikan sendok takar atau tangan Anda kering saat mengambil kopi dari wadah penyimpanan.
  5. Beli kopi dalam jumlah sedikit
    Selalu beli kopi sesuai kebutuhan agar tidak ada stok kopi lama yang menumpuk. Sebagus apa pun wadah penyimpanan Anda, proses staling tidak bisa dihentikan. Cukup sediakan kopi untuk konsumsi 2 mingguan. Jika Anda rutin minum kopi sekali sehari, 200-250 gram adalah jumlah yang pas untuk konsumsi 2 minggu.

Wadah yang bagus memang menjaga kualitas kopi lebih lama. Tapi tak ada gunanya wadah bagus jika kopi yang dibeli tidak segar. Pastikan Anda mengecek tanggal sangrai kopi saat membeli untuk mendapatkan kualitas maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *