Sejarah Penemuan Alat Seduh Kopi Hario V60

Sejarah Penemuan Alat Seduh Kopi Hario V60

Sejarah Penemuan Alat Seduh Kopi Hario V60
Beberapa penikmat kopi mengatakan bahwa jiwa secangkir kopi yang sempurna bisa Anda rasakan jika membuatnya dengan satu alat seduh bernama Hario V60. Alat seduh ini membuat minuman kopi Anda menjadi lebih nikmat dan berkarakter. Karena itu banyak yang bertanya-tanya siapakah pencipta alat seduh kopi bernama V60 ini? Mungkin Anda yang senang mencicipi kopi menggunakan alat seduh ini juga ingin mengetahui siapa penemunya.

Hario V60 adalah alat seduh yang menyatukan gaya kimia, produk kaca, dan kopi. Menyusuri sejarah penemuan alat seduh kopi Hario V60 ternyata tercipta pertama kali di Tokyo, Jepang pada tahun 2004. Alat seduh kopi ini dirancang oleh seorang ahli kimia bernama Tsuruoka di Hario Factory. Tsuruoka menciptakan prototipe dan terus menyempurnakan desain V60 sehingga bentuknya yang sekarang kita kenal.

Hario Factory berdiri pada tahun 1921 dengan memproduksi dan menjual produk kaca untuk keperluan kimia. Setelah hampir 30 tahun penelitian, Hario menghasilkan produk yang disebut Hario Glass. Produk ini menggunakan 100% mineral alami untuk menghasilkan kaca tahan panas, membuatnya ramah lingkungan. Kemudian pada tahun 1949, Hario meluncurkan produk rumahan pertamanya yaitu saringan kopi syphon dari kaca. Dan pada tahun 1957, saringan kopi syphon tersebut berubah menjadi terbuat dari kain.

Hario telah menerima ratusan penghargaan desain. Namun sejarah penemuan alat seduh kopi Hario V60 lah yang membuat namanya menjadi terkenal.

Nama V60 sendiri karena bentuknya menyerupai huruf V  dengan sudut 60º. Selain berbahan dasar keramik, alat seduh kopi Hario V60 ini juga ada yang terbuat dari kaca dan plastik. Bentuknya mirip seperti cangkir biasa yang digunakan untuk kopi itu sendiri.

Edisi terakhir dari Hario V60 adalah Copper Coffee Dripper yaitu V60 yang terbuat dari tembaga. Dirancang untuk konduktivitas termal yang tinggi karena kemampuan menyimpan panasnya lebih baik. Membuat ekstraksi kopi menjadi lebih berbeda dari segi rasa.

Alat seduh kopi Hario V60 sangat responsif terhadap banyak variabel dari pada banyak dripper lain yang beredar di pasaran, disebabkan karena tiga faktor desain:

  1. Bentuk kerucut bersudut 60º memungkinkan air mengalir ke pusat, memperpanjang waktu kontak dengan kopi.
  2. Lubang tunggal yang besar membuat penyeduh kopi mengubah cita rasa dengan mengubah kecepatan aliran air.
  3. Rusuk spiral yang naik sampai ke puncak menjadikan udara dapat meloloskan diri sehingga memaksimalkan pengembangan bubuk kopi saat tersiram air.

Ketika Anda menyeduh secangkir kopi dengan Hario V60 akan menghasilkan karakteristik kopi dengan aroma kuat. Kelebihan lainnya, Anda akan mendapat kopi bersih tanpa ampas. Dan Anda bisa mengulik rasa kopi dengan mengubah ukuran gilingan biji kopi, temperatur suhu air, dan waktu penyeduhan. Selama Anda mengikuti langkah-langkah dasar, Anda bisa memilih kombinasi yang Anda inginkan. Setiap kombinasi melahirkan karakter-karakter rasa yang kuat maupun yang lembut.

Walaupun alat seduh kopi Hario V60 telah lama ditemukan hampir di Jepang, manfaatnya bisa kita rasakan sampai saat ini. Alat seduh kopi ini banyak disukai dan digemari para penikmat kopi di seluruh dunia karena mudah digunakan. Dan Anda pun tidak sulit membeli alat seduh kopi ini karena banyak dijual di toko-toko alat perkopian dengan harga terjangkau.

Sebagai salah satu alat seduh kopi dengan metode manual brew, Hario V60 ini banyak disediakan di kafe-kafe maupun kedai kopi di berbagai pelosok di Indonesia. Jadi bagi Anda yang belum pernah mencoba menikmati kopi dengan dripper ini sesekali cobalah dan rasakan nikmatnya. Anda akan dapat mendapati sensasi lain dari secangkir kopi.

kopidewa

Menyuguhkan fakta dan info lengkap tentang kopi meliputi sejarah, trend, hingga bisnis kopi Indonesia dan dunia.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *