Sejarah Alat Seduh Kopi Chemex - sumber Pixabay

Sejarah Alat Seduh Kopi Chemex

Sejarah Alat Seduh Kopi Chemex
Anda mungkin pernah datang ke sebuah kedai kopi dan memesan kopi lewat alat seduh kopi bernama Chemex. Dari namanya, mungkin terdengar kurang familiar bagi yang jarang menikmati kopi. Namun, alat seduh kopi satu ini cukup terkenal dan begitu digemari di kalangan pencinta kopi di seluruh dunia. Selain itu, alat seduh kopi satu ini, mempunyai sejarah yang cukup panjang. Sejatinya Chemex dirancang untuk metode manual brew.

Sebagai penikmat kopi, Anda wajib mengetahui perjalanan sejarah alat seduh kopi Chemex. Chemex untuk kali pertama ditemukan pada tahun 1941 oleh seorang ahli kimia asal Jerman bernama Peter J. Schlumbohm. Pada tahun tersebut Schlumbohm sedang melakukan studi di Amerika. Seiring berjalannya waktu, seorang perancang di Institut Teknologi Illinois tahun 1958 mengatakan bahwa Chemex adalah salah satu produk terbaik yang dirancang pada zaman modern.

Schlumbohm sang penemu Chemex adalah pemilik lebih dari 3000 paten. Namun penemuan Chemex-nya yang paling terkenal di dunia sampai sekarang. Bahkan merupakan bagian penting dari koleksi permanen di beberapa museum, seperti Museum of Modern Art di New York, Smithsonian, Museum Corning, dan Museum Philadelphia. Untuk menciptakan alat seduh kopi ini, Schlumbohm terinspirasi dari dua peralatan laboratorium yakni corong kaca laboratorium dan labu erlenmeyer-nya.

Setelah menemukan chemex pada tahun 1941, nama Schlumbohm pun meroket menjadi terkenal. Karena alat seduh kopinya tersebut sering ditampilkan dalam film maupun karya sastra. Alat seduh ini pernah muncul dalam novel From Russia, with Love (1957) yang ditulis Ian Fleming. Diceritakan bahwa James Bond ketika di London, menyeduh kopi lewat Chemex yang ia beli dari toko De Bry di New Oxford Street.

Chemex sendiri dibuat dari bahan dasar kaca borosilikat dengan bentuk menyerupai jam pasir. Di lehernya terdapat kerah kayu yang memiliki fungsi untuk menuangkan kopi dari Chemex ke dalam cangkir. Dari bentuknya yang seperti ini terlihat bahwa Chemex merupakan produk yang cukup unik dan klasik. Chemex juga dilengkapi dengan filter kertas yang cukup tebal sehingga maksimal sebagai penyaring sehingga kopi yang diseduh memiliki cita rasa yang halus. Filter kertas untuk Chemex sendiri berbeda dari kebanyakan filter standar. Kertas tebal pada filter kopi Chemex dapat membantu menghilangkan cafestol, senyawa yang mengandung kolestrol yang ditemukan pada minyak kopi.

Sejak sejarah alat seduh kopi Chemex tercipta, alat ini terus diproduksi oleh Chemex Corporation di Chicopee, Massachusetts oleh anak-anak dari Schlumbohm. Untuk mengikuti perkembangan zaman millennials, pihak produksi juga membuat mesin Chemex otomatis untuk brewing kopi.

Sampai saat ini alat seduh kopi tersebut, cukup laris diminati di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Karena kopi yang diproses menggunakan Chemex memiliki rasa dan aroma yang halus. Selain itu, Chemex mudah digunakan. Untuk menambah referensi alat seduhan kopi Anda, rasanya tak lengkap bila belum memasukkan Chemex ke dalam daftar Anda.  Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencobanya dulu di Warung Kopi Dewa.

kopidewa

Menyuguhkan fakta dan info lengkap tentang kopi meliputi sejarah, trend, hingga bisnis kopi Indonesia dan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *