Aeropress, Suntikan Raksasa Penetes Kopi

Foto di atas adalah foto Alan Adler sedang melempar Aerobie. Alan adalah orang yang berjasa menciptakan Aeropress. Aerobie sendiri adalah salah satu merk frisbee (cakram lempar) terkenal di Amerika.

Didasari kecintaannya pada kopi, Chemex menjadi alat seduh favorit Alan. Metode seduh Chemex yang menggunakan suhu 80°C, menghasilkan kopi dengan citarasa manis yang lebih kentara daripada dengan suhu tinggi.

Satu-satunya kelemahan Chemex menurut Alan adalah waktu brewing yang terlalu lama. Alan harus sabar menunggu tetes demi tetes kopi sampai Chemex akhirnya penuh. Alan mencoba menekan gundukan kopi di filter Chemex memakai sendok agar kopi menetes lebih cepat, tapi efeknya tidak seberapa. Saat itulah Alan menyadari yang dia butuhkan adalah tabung tertutup yang dapat diberi tekanan.

Jiwa engineer Alan mulai tergelitik. Di tahap awal desain, Alan bereksperimen dengan badan seruling dan tabung pompa sepeda sebagai alat penambah tekanan. Butuh waktu setahun baginya untuk menyempurnakan desain Aeropress menjadi seperti tabung suntikan raksasa seperti yang kita kenal.

aeropress-design

Alan mengklaim Aeropress dapat menghasilkan kopi sekuat espresso, dengan acidity lebih menonjol dari pour over, dan yang pasti waktu seduh yang lebih singkat (baca juga ulasan Aeropress). Saat ini Aeropress telah menjadi bisnis senilai 2 juta dollar dengan peningkatan penjualan 40% setiap tahun.

Dunia perkopian sangat menyambut gembira penemuan baru ini. Sampai-sampai sejak tahun 2008, hanya 3 tahun sejak Aeropress dipasarkan secara global, sudah diadakan ajang World Aeropress Championship yang diikuti peserta dari seluruh dunia. Belum lagi lomba Aeropress lokal yang diadakan di banyak negara.

Kompetisi tahunan ini dimaksudkan mencari kombinasi paling pas dalam penggunaan Aeropress. Karena masih baru, Aeropress memang belum mempunyai “panduan baku” penggunaan (lihat panduan seduh Aeropress). Alan sendiri mengakui bahwa desain Aeropress sengaja diperuntukkan bagi siapa saja yang suka mengeksplor dunia penyeduhan kopi.

World Aeropress Championship yang terakhir diadakan April 2015 silam di Seattle dengan Ben Richardson dari Australia ditetapkan sebagai pemenangnya. Kompetisi selanjutnya akan diadakan 2 April besok di Helsinki, Finlandia.

Barangkali Anda minat menjadi juaranya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *