Ristretto, Espresso, Lungo

Di hampir semua kedai kopi menu seperti ristretto, espresso single shot, espresso double shot, dan lungo pasti terpampang jelas. Banyak yang menebak-nebak apa maksud dari minuman berbahasa asing tersebut karena semua terlihat sama. Kopi hitam kental dengan buih keemasan di atasnya.

Karena namanya saja beda pasti ada perbedaannya, tapi apa ya? Pikiran itu pasti pernah terlintas di benak Abdi Kopi semua, karenanya kali ini KopiDewa akan membahas hal tersebut.

Bermula Dari Espresso

Menurut Specialty Coffee Association of America (SCAA) espresso adalah (tarik nafas dulu…) minuman sebanyak 25-35ml yang dibuat dengan menyeduh 7-9 gram kopi dengan air bersuhu 88-92°C dan bertekanan 9-10atm dalam waktu 22-28 detik yang menghasilkan cairan sekental madu hangat dan busa keemasan (crema) di atasnya. Panjang juga pengertiannya…

Sederhananya, espresso adalah minuman yang dibuat dengan mengalirkan air panas melewati gundukan kopi. Dibutuhkan tekanan yang tinggi untuk mengejar waktu seduhnya yang sangat singkat (tidak seperti Vietnam Drip yang hanya mengandalkan gravitasi dan membutuhkan waktu 10 menit sekali seduh). Espresso lebih kental dan pekat karena dia ekstrak murni kopi yang menjadi bahan dasar minuman seperti cappuccino, latte, atau macchiato.

Pernah lihat kan di kedai kopi ada benda mengkilat besar dengan tumpukan cangkir di atasnya? Ya, itu adalah mesin pembuat espresso. Memang dibutuhkan mesin bertenaga besar untuk mengalirkan air panas bertekanan tinggi. Dengan mesin inilah para barista meracik minuman kopi berbasis espresso sesuai pesanan kita.

Kenapa disebut berbasis espresso? Karena baik ristretto maupun lungo adalah sama-sama minuman yang dibuat dengan resep espresso. Yang berbeda hanya perbandingan kopi dengan air yang digunakan.

Jika menurut SCAA perbandingan kopi dengan air untuk membuat espresso adalah 1:5 (7 gram kopi dengan 35ml air), maka ristretto (restricted) mempunyai perbandingan 1:2-1:3. Artinya jumlah bubuk kopi yang sama akan menghasilkan minuman yang lebih sedikit, hanya 15-25ml. Ristretto mempunyai karakter rasa yang lebih kuat tapi tidak sepahit espresso.

Dan lungo (long) adalah kebalikan dari ristretto. 7 gram kopi diseduh dengan 50-65ml air. Menghasilkan minuman yang lebih encer daripada espresso. Karena lebih banyak zat yang larut, termasuk kafein, rasa lungo paling pahit dibanding espresso dan ristretto.

Nama
Minuman
Berat
Kopi
Volume
Air
Rasio Karakter
Rasa
Ristretto 7 gram 20 ml 1:3 Paling kental dan rasa lebih jelas. Kafein paling sedikit.
Double Ristretto  14 gram 40 ml
Espresso 7 gram 35 ml 1:5 Kental dan pekat, sedikit lebih pahit.
Doppio  14 gram 60 ml
Lungo 7 gram 60 ml 1:8 Lebih encer dan pahit. Kafein paling banyak.

Lalu Apa Itu Single dan Double Shot?

Mudah saja. Single shot sama dengan 1 porsi, double shot ya berarti 2 porsi. Yang sedikit rumit adalah double shot ristretto (40-50ml) volumenya hampir sama dengan single shot (solo) espresso. Dan double shot espresso, atau biasa disebut doppio, volumenya mirip dengan lungo. Rasa berbeda dengan volume yang sama, membingungkan memang.

Favorit dan rekomendasi saya? Cobalah pesan single ristretto untuk mempelajari karakter rasa suatu beans, cocok juga bagi yang baru belajar menikmati espresso. Tapi pesanlah doppio atau lungo untuk memenuhi kebutuhan kafein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *