Rekam Jejak Kopi Dewa: Dua Tahun Berkarya

Rekam Jejak Kopi Dewa: Dua Tahun Berkarya Bagian 2

Rekam jejak Kopi Dewa selama dua tahun berkarya meliputi pembentukkan situs kopi terbesar dan terlengkap di Indonesia, diikuti pembuatan workshop-workshop yang mengajak Anda untuk ikut bereksperimen dan menguji coba teori tentang kopi bersama-sama. Selamat membaca petualangan Kopi Dewa.

 

Workshop-workshop Kopi Dewa

Pada awalnya Kopi Dewa mengadakan workshop dengan tema-tema ringan yang mengedukasi. Dari satu ruang ke ruang lain, bertemu banyak orang silih berganti. Namun Kopi Dewa yakin siapa pun yang dijumpai punya semangat yang sama: mencintai dan ingin memajukan dunia kopi Indonesia.

Rekam jejak Kopi Dewa di bidang workshop pertama yang diadakan oleh Kopi Dewa adalah “Kenali Kopi Kenali Negeri” di Dry Winkle. Kopi Dewa mendatangkan petani, roaster, dan barista untuk memaparkan pengalaman mereka tentang budidaya, menyangrai, dan menyajikan kopi. Acara tersebut ditutup dengan seduhan kopi dari barista.

Setiap bulan puasa, Kopi Dewa rutin mengadakan workshop bertajuk “Ngabu-brew-it” yang pertama diadakan di Yellow Truck, lalu di Warugo dan Saflor di Sumedang. Workshop membahas alat seduh manual dan metode penggunanaanya.

Kopi Dewa Roastery

Antusiasme peserta workshop, respon positif terhadap www.kopidewa.com menjadi energi melimpah ruah. Memberi keberanian Kopi Dewa membuka lini baru yaitu roastery. Meracik biji-biji kopi pilihan menghadirkannya di ruang-ruang akrab. Roastery Kopi Dewa perlahan mendapat tempat di hati Abdi Kopi.

Rekam jejak Kopi Dewa mencatat ada cerita unik mengenai terbentuknya Roastery. Untuk memenuhi kebutuhan informasi seputar biji kopi dan mesin roasting di website, Restu Dewa berupaya mencari sumber-sumber informasi. Ternyata sumber informasi mengenai sangrai kopi sangat terbatas, kebanyakan terdapat di situs luar negeri yang berbayar. Ketertutupan pihak-pihak yang memiliki mesin roasting juga membuat pencarian informasi terasa membentur tembok. Satu-satunya jalan untuk bereksperimen adalah dengan menyediakan mesin roasting sendiri.

Mulailah Restu Dewa tenggelam dengan aktivitas barunya menyangrai berbagai biji kopi di semua tingkat roasting. Karena ketotalannya menyangrai, biji-biji kopi pun menumpuk. Tidak mungkin menghabiskannya sendirian, bukan? Biji-biji kopi itu pun dibagikan. Ternyata mendapat respon positif dan malah menerima beberapa pesanan. Tidak hanya biji kopi yang sudah disangrai, beberapa pihak juga ingin menyangrai di Kopi Dewa. Pada bulan September 2018, Kopi Dewa Roastery resmi dibuka.

Hingga kini, Kopi Dewa memiliki tiga produk andalan yaitu blend espresso bernama Parvati, Lakshmi, dan Sarasvati. Lakshmi adalah salah satu dewi dalam konsep Tridevi yang melambangkan kesejahteraan (wealth). Dengan perbandingan arabika yang lebih banyak daripada fine robusta, Lakshmi Blend menghasilkan rasa kopi yang lembut, namun tetap kaya dan penuh citarasa.

Sarasvati adalah salah satu dewi dalam konsep Tridevi yang melambangkan pengetahuan (knowledge). Dengan perbandingan yang seimbang antara fine robusta dengan arabika, Sarasvati Blend menghasilkan citarasa kopi yang balance antara aroma, rasa, dan tetap nendang. Sedangkan Parvati adalah salah satu dewi dalam konsep Tridevi yang melambangkan kekuatan (power). Dengan perbandingan fine robusta yang lebih banyak daripada arabika. Parvati Blend menghasilkan citarasa kopi yang kuat. Nah, apakah Anda sudah mencoba ketiganya?

Segala sesuatu di semesta ini bertumbuh dan bertransformasi. Kopi Dewa pun mengalaminya. Bila Anda perhatikan, kemasan roasted bean Kopi Dewa mengalami beberapa kali perubahan. Mulai dari kemasan berwarna hitam, papercraft, bening transparan, silver, keemasan, dan putih.

Selain ketiga produk unggulan Kopi Dewa di atas, ada banyak varian biji kopi dengan berbagai tingkat penyangraian. Kini Kopi Dewa pun menyajikan produk macam-macam teh yang kaya akan rasa.

Pada akhirnya semua yang bertumbuh menemukan bentuk. Kemasan roasted bean Kopi Dewa pun berlabuh pada warna putih. Dan bila ditelisik lagi, keterangan dan logo senantiasa berwarna-warni. Mewakili karakter biji kopi. Begitulah Kopi Dewa ingin menghadirkan pelangi dalam kehidupan Anda lewat biji kopi pilihan dan kemasan yang sederhana namun mencerahkan.

Warung Kopi Dewa

Kopi Dewa ibarat rumah bagi Abdi Kopi. Begitulah cita-cita terdalam Kopi Dewa. Warung Kopi Dewa menyempurnakan ‘rumah’ untuk Abdi Kopi. Tempat bagi pulang kala rindu datang. Datanglah ke Warung Kopi Dewa yang berlokasi di Komplek Bahagia Permai, Jl. Bahagia Permai Raya No. 2.

Warung Kopi Dewa buka setiap selasa sampai minggu jam 16.00 – 23.00 WIB. Jangan segan untuk meminta seduhan sesuai selera Anda. Barista Kopi Dewa dengan senang hati melayani. Mau ngobrol-ngobrol atau curhat juga boleh he he he.

Tak terasa rekam jejak Kopi Dewa telah menginjak tahun kedua dalam berkarya. Kopi Dewa yang masih muda. Penuh gairah berkarya. Dari mulai situs daring, workshop, roastery, warung, hingga minilab yang akan segera dibuka. Kopi Dewa dijalankan penuh cinta. Tentu ada nama-nama di dalamnya. Mereka yang berdedikasi sesuai bidangnya. Langkah Kopi Dewa tetap mantap kendati ada yang datang dan pergi. Semata-mata karena Anda yang senantiasa menemani.

kopidewa

Menyuguhkan fakta dan info lengkap tentang kopi meliputi sejarah, trend, hingga bisnis kopi Indonesia dan dunia.

One Ping

  1. Pingback: Suji Premium Handcrafted Brewing at Factory with Restu Dewa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *