Ragam Teh Khas Indonesia Yang Mendunia

Ragam Teh Khas Indonesia Yang Mendunia

Masyarakat Indonesia dikenal sangatlah ramah, termasuk ketika menerima tamu yang datang ke rumah. Segala suguhan dihidangkan, tak hanya makanan ringan namun juga minuman teman berbincang. Selain kopi yang selalu menjadi pilihan dan ada di dapur adalah teh. Ya, teh memang tak bisa dilepaskan dari kebiasaan dan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Minum teh pun tak kenal waktu, bisa dilakukan kapan pun. Bisa diminum oleh siapa pun tak kenal usia dari anak-anak, dewasa, hingga para lansia.

Indonesia memang dikenal memiliki sumber daya daun teh yang melimpah, maka tidaklah heran jika Indonesia menjadi negara penghasil teh terbesar ke-7 di dunia. Ini tentunya bukanlah sesuatu yang main-main karena pangsa pasar teh Indonesia ini tak hanya dinikmati oleh warga lokal saja tapi juga diminati warga dunia. Bahkan lebih dari separuh hasil produksi teh Indonesia diekspor ke luar negeri untuk direguk para pencinta minuman dari pucuk daun ini seperti ke negara Pakistan dan Rusia.

Abdi Kopi patutlah berbangga karena teh khas Indonesia menjadi primadona warga dunia. Pucuk-pucuk teh itu menjadi teman akrab segala bangsa, berasal dari tanah subur Nusantara. Bagaimana teh bisa masuk ke Indonesia, sila baca sejarah teh di Indonesia. Nah, apa sajakah ragam teh khas Indonesia yang mendunia itu?

Teh Melati

Siapa yang tak suka dan tak kenal dengan teh melati? Perpaduan antara teh hijau dan wangi bunga melati menghasilkan perpaduan rasa dan wangi yang memikat. Teh ini memiliki rasa melati yang lebih dominan sehingga rasa uniknya begitu khas ketika menghampiri lidah yang menyecapnya. Teksturnya yang kental dan aroma melati yang menguar tak hanya membantu menghilangkan dahaga tapi juga menenangkan pikiran, juga meningkatkan gairah seksual.

Teh Hitam

Teh hitam disebut juga teh merah karena memiliki warna yang gelap kemerahan. Untuk menghasilkan teh ini tidaklah biasa, karena harus melewati proses oksidasi agar tercipta kekhasan warna serta rasa. Pemilik nama latin Camelia Sinensis ini memiliki ciri khas bentuk yang lebih bulat dan warna daun yang pekat. Meski begitu saat diseduh ia menghasilkan warna jernih dan tidak kental sehingga nyaman saat dinikmati dan banyak menjadi primadona bangsa-bangsa lain di dunia.

Teh Kayu Aro

Nama Teh Kayu Aro memang terdengar asing di telinga jika dibandingkan dengan teh melati. Teh ini terasa semakin istimewa karena serupa namanya, ia diproduksi di perkebunan Kayu Aro, Kaki Gunung Kerinci, Jambi. Saat perkebunan ini dibuka pertama kali pada zaman Belanda dengan luas 3000 hektar. Terbilang cukup luas pada masa itu.

Meski tak banyak dikenal di negeri sendiri, teh beraroma kuat ini justru jadi primadona bangsa-bangsa Eropa. Sebut saja Ratu Elizabeth dari Inggris hingga Ratu Beatrix dari Belanda adalah penikmat seduhan teh Kayu Aro.

Teh Putih

Teh putih adalah teh produksi Indonesia yang ringan dan tidak banyak tahapan dalam pemrosesan. Teh ini dinamai teh putih karena ia dipanen sebelum daun teh terbuka penuh, sehingga rambut-rambut halus masih menutupi tunasnya.

Warna teh putih sendiri juga lebih bening dan tidak berwarna. Meski begitu, teh putih ini menjadi teh yang paling mahal di Indonesia. Harga satu kilogramnya bisa mencapai Rp 1 juta. Apa sebabnya? Tidak hanya karena diproduksi dalam jumlah yang sedikit saja namun khasiatnya pun lebih baik apabila dibandingan dengan jenis teh lainnya.

Bagi yang ingin lebih menjaga kesehatannya, teh putih ini menjadi pilihan yang tepat. Selain karena mengandung jumlah kafein yang sedikit juga kandungan antioksidannya lebih banyak. Keistimewaan lainnya dari teh putih adalah mempunyai cita rasa terbaik di Indonesia. Sangat layak untuk dicoba.

Teh Oolong

Bagi pecinta teh, nama teh Oolong tentu sudah tak asing lagi di telinga. Teh Oolong sendiri sebenarnya adalah teh hijau yang sudah mengalami proses oksidasi, tapi belum berubah menjadi teh hitam. Bagi Abdi Kopi yang belum pernah meminum teh Oolong, mungkin akan terasa lebih pahit dibandingkan dengan teh lain.

Teh Hijau

Nama Teh Hijau atau green tea pasti sudah akrab di telinga. Teh jenis ini memiliki harga lebih mahal jika dibandingkan dengan teh hitam karena memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Bagi yang sedang diet dan ingin memiliki tubuh ideal, sangat cocok meminum teh ini.

Itulah ragam teh khas Indonesia yang mendunia dan menjadi primadona berbagai bangsa. Masing-masing memiliki keunikannya dan keistimewaannya, maka tak perlu berdebat mana yang terbaik. Penggemar teh yang sejati selalu tahu ada kenikmatan berbeda yang akan dirasa saat menyeduh teh-teh tersebut. Tak hanya aroma tapi juga kisah istimewa dari masing-masing cara prosesnya.

Sumber gambar: Pixabay –¬†Skitterphoto

kopidewa

Menyuguhkan fakta dan info lengkap tentang kopi meliputi sejarah, trend, hingga bisnis kopi Indonesia dan dunia.

One Ping

  1. Pingback: Sejarah Penyebaran Teh Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *