Apa Itu Q Grader?

q grader

Istilah Q Grader makin sering terdengar dalam dunia specialty coffee. Tapi apakah sebenarnya Q Grader itu?

Kopi adalah sesuatu yang sangat subjektif karena persepsi rasa setiap orang bisa sangat berbeda-beda. Atas pemikiran itu Coffee Quality Institute (CQI) mengembangkan Q Coffee System untuk menetapkan nilai standar kopi yang berlaku universal. Nilai tersebut harus bersifat kredibel dan dapat diverifikasi. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan titik kalibrasi yang sama untuk sebuah biji kopi. CQI sendiri adalah lembaga independen peneliti kopi yang berlokasi di Long Beach, California.

Nah, Q Grader adalah orang yang bertanggung jawab menjalankan sistem penilaian tersebut. Mereka telah menjalani serangkaian tes panjang dan rumit sebelum akhirnya mendapatkan sertifikat dan boleh memberikan penilaian. Sertifikatnya pun hanya berumur 3 tahun sebelum akhirnya kadaluwarsa dan harus diperpanjang. Walau dengan syarat yang rumit, saat ini sudah ada sekitar 3600 orang Q Grader di seluruh dunia. Bukan hanya kopi arabika saja yang dinilai, kopi robusta pun ikut ditentukan standarnya.

Apa saja sih yang dites untuk mendapatkan sertifikat Q Grader? Berikut di antaranya:

  1. General Knowledge Exam
    Satu-satunya tes tertulis yang berisi 100 pertanyaan umum tentang kopi dimulai dari penanaman, panen, pengupasan, cupping, grading, penyangraian, hingga penyeduhan.
  2. Coffee Grading
    Peserta menyeleksi green bean dan roast bean untuk menentukan grade kopi tersebut. Apakah specialty coffee, premium coffee, atau commercial coffee. Peserta harus jeli melihat semua defect (cacat biji) yang ada dalam sebuah batch kopi sebelum akhirnya memutuskan grade kopi tersebut.
  3. Sample Roast Identification
    Peserta harus dapat mengidentifikasi hasil sangrai yang tersaji pada secangkir kopi. Apakah under roasted, over roasted, baked, underdeveloped, atau correct. Yang membuat tahap ini lebih menantang adalah kopi disajikan di bawah pancaran red light, sehingga peserta tidak dapat melihat warna tingkat sangrai. Peserta harus menebak dengan lidah dan hidung manakah kopi yang tingkat sangrainya pas.
  4. Olfactory Skill
    Tes ini menggunakan Le Nez de Café kit yang diciptakan oleh Jean Lenoir. Kit ini berisi 36 wewangian yang biasa ditemukan dalam kopi. Untuk lulus tes, peserta harus dengan benar mencocokkan wewangian dengan namanya. Wangi yang diuji mencakup mawar, tembakau, apel, butter, dan banyak lagi yang lainnya.
  5. Sensory Skill
    Mungkin ini adalah tes paling sulit karena banyak peserta gagal pada tes yang terdiri dari 3 tahapan ini. Teorinya sebenarnya mudah, peserta diwajibkan menebak rasa manis, asam, asin dengan beberapa intensitas. Tahap pertama dan kedua cukup mudah karena belum ada pencampuran rasa. Pada tahap ketiga peserta diberikan blind test 8 cairan bening dan menebak berapa intensitas rasa yang ada. Misalnya sweet 3, salty 2, sour 2, atau sweet 1, salty 3, sour 2.
  6. Cupping Skill
    Peserta melakukan 4 sesi cupping dengan 6 kopi pada tiap sesi. Kopi yang digunakan tiap sesi berbeda-beda yaitu kopi Amerika Tengah, kopi Afrika, kopi Asia, dan kopi yang diproses secara natural. Setiap peserta mencicip kopi kemudian harus mengisi dengan benar SCAA Cupping Form dengan nilai semendekati mungkin dengan nilai yang sudah ditetapkan.
  7. Triangulation
    Pada tes ini peserta disuguhkan 6 set kopi yang masing-masing terdiri dari 3 cangkir. 2 dari 3 cangkir berisi kopi yang sama. Tujuannya adalah mencari 1 cangkir yang berbeda di tiap-tiap set. Terdengar mudah? Prakteknya tidak semudah teorinya karena banyak juga peserta yang gagal pada tahap ini.
  8. Organic Acid Matching Pair
    Kopi yang dites pada tahap ini telah dimodifikasi dengan menambahkan zat asam tambahan. Zat asam yang ditambahkan bisa berupa acetic acid (asam cuka), citric acid (asam jeruk), malic acid (asam apel), juga lactic acid (asam susu). Peserta harus dapat mengidentifikasi zat asam mana yang ditambahkan pada kopinya.

Tentunya tahapan ujian untuk mendapatkan sertifikasi Q Grader sangat menyita waktu, tenaga, dan pikiran. Jika AbdiKopi berencana menjadi seorang Q Grader, persiapkanlah fisik dan mental untuk mengikuti rangkaian ujiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *