Mengenal Kafein dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Mengenal Kafein dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Mengenal Kafein dan Manfaatnya Bagi Tubuh—
Kafein merupakan salah satu zat yang populer dan menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari manusia di seluruh penjuru dunia. Penelitian membuktikan bahwasanya masyarakat dunia mengonsumsi kafein hampir setiap hari.

Banyak pihak hanya beranggapan bahwa kafein adalah obat yang membantu kita tetap terjaga dan fokus. Misalnya, Anda minum kopi saat sedang mengerjakan tugas pada laut malam. Atau Anda minum kopi pada pagi hari karena membantu Anda mencapai kesadaran maksimal dan merasa segar.

Para pakar menegaskan sebuah fakta bahwa ternyata kafein memberikan efek istimewa yang menakjubkan bagi pikiran, semangat dan tubuh Anda! Itulah sebabnya, telah sejak lama banyak pemain catur profesional, seniman, matematikawan, dan para atlet mengonsumsi kafein.

Mengenal kafein berarti juga Anda harus mengetahui manfaatnya bagi tubuh. Manfaat yang dihasilkan dari kafein untuk orang dewasa antara lain:

  1. Memperbaiki suasana hati
  2. Mempercepat respon
  3. Meningkatkan daya ingat
  4. Memperkuat konsentrasi
  5. Meredakan nyeri
  6. Mengurangi nafsu makan berlebih
  7. Menajamkan daya pikir
  8. Menajamkan logika
  9. Meningkatkan daya tahan otot
  10. Mencegah penyakit parkinson
  11. Mencegah penyakit empedu
  12. Meredakan serangan migrain dan asma
  13. Membantu orang agar sehat secara mental dan fisik sehingga mereka tampak lebih muda
  14. Mempercepat pembakaran lemak

Kopi Dewa akan membahas lebih rinci beberapa manfaat di atas dalam artikel lain. Dan yang perlu Anda ketahui, kafein memberi manfaat-manfaat tersebut secara aman tanpa meningkatkan resiko kematian atau serangan penyakit dengan efek samping yang minimal.

Lalu bagaimana cara kerja kafein melakukan hal-hal menakjubkan itu? Begini, ketika Anda minum secangkir kopi, teh, atau cokelat, peredaran darah Anda akan membawa kafein menuju seluruh organ serta setiap sel dalam tubuh Anda. Karena bersifat larut lemak, kafein dengan mudah menembus membran sel. Organ tubuh lebih cepat menyerap kafein daripada senyawa obat lainnya, tetapi tidak lebih cepat daripada alkohol. Selain itu, karena tidak mengalami hambatan fisiologis yang berarti saat masuk dalam jaringan, konsentrasi kafein dalam berbagai cairan tubuh seperti darah, air liur, bahkan air susu ibu, dan air mani, memiliki kerelatifan yang sama.

Keampuhan dan kejaiban kafein bergantung pada kekuatannya menembus sistem saraf pusat. Kafein harus melewati sawar darah otak. Itu adalah mekanisme pertahanan biologis yang melindungi sistem saraf pusat dengan cara mencegah virus ataupun molekul kimia masuk ke otak ataupun cairan otak. Bahkan jika disuntikkan langsung ke dalam alirah darah, beberapa senyawa obat gagal menembus sawar ini. Sementara beberapa senyawa lain melewatinya dengan kecepatan lambat, kafein melewati sawar darah otak dengan mudah, seakan-akan sawar tersebut tidak ada.

Semua obat psikoaktif termasuk kafein itu sendiri akan memberikan efek dengan cara memengaruhi neurotransmiter, senyawa kimia yang mengatur interaksi sel-sel saraf. Kafein memberikan efek dengan cara menghambat aktivitas adenosine, neurotransmiter yang hampir mempengaruhi sistem dalam tubuh. Fungsi adenosine membuat Anda lebih kantuk daripada biasanya. Kafein membantu Anda menghambat kantuk tersebut dengan cara menghambat adenosine.

Informasi di atas harus untuk Anda pahami, namun tak perlu juga mengetahui setiap detail data ilmiah tentang kerja kafein. Yang jelas, pentingnya mengenal kafein dan manfaatnya bagi tubuh adalah untuk mempelajari bagaimana cara mengatur konsumsi kafein agar Anda mendapatkan seluruh manfaat kafein. Jadi tidak perlu ragu untuk mengonsumsi kafein.

Sumber gambar: https://bilimfili.com/kafein-dunyanin-en-popular-psikoaktif-maddesi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *