6 Kopi Termahal di Dunia

Selain rasanya yang nikmat, kopi merupakan bisnis bernilai jutaan dolar. Dahulu mungkin perusahaan-perusahaan besar berlomba membuat perkebunan besar untuk memenuhi kuota permintaan kopi yang terus meningkat. Namun berkat third wave coffee, kebun-kebun kecil yang dirawat sepenuh hati oleh petaninya ternyata menghasilkan biji yang lebih berkualitas dan bernilai tinggi. Berikut adalah 6 kopi termahal di dunia:

6. Blue Mountain (Jamaica) – $49 / 500gram

Kopi Blue Mountain memang terkenal karena kualitasnya sehingga pecinta kopi tidak segan membayar hingga $49 (sekitar Rp630.000) untuk mendapatkan setengah kilo kopi dengan varietas Arabica Typica ini. Ditanam di pegunungan Blue Mountain, Jamaica dengan ketinggian 1500 meter di atas ketinggian laut. Curah hujan tinggi mempengaruhi pertumbuhan dan cara pengupasannya. Kopi Blue Mountain dikupas secara full washed karena berlimpahnya persediaan air yang menghasilkan kopi dengan rasa yang ringan dan seimbang. 80% kopi hasil panen Blue Mountain diekspor ke Jepang.

5. Fazenda Santa Inês (Brazil) – $50 / 500gram

Perkebunan Fazenda Santa Inês mengutamakan budaya di atas segalanya. Perkebunan yang merupakan bisnis keluarga ini masih menggunakan cara tradisional dalam menanam dan mengolah kopinya. Mata air mineral alami menjadi sumber irigasi utama dan tanahnya diolah secara organik, membuat orang tidak sayang membayar sekitar Rp650.000 / 500gram kopi dengan varietas Arabica Yellow Bourbon. Dengan metode kupas natural, kopi Santa Inês memiliki aroma dan rasa berry dan manis karamel lembut dari awal hingga tetes terakhir.

4. Moloka’i Coffee (Hawaii) – $51 / 500gram

Hawaii mungkin satu-satunya negara bagian Amerika Serikat yang memiliki iklim dan kondisi tanah yang cocok untuk menanam kopi. Salah satu perkebunan kopi di Hawaii terletak di Kualapu’u, Maui County. Kebun seluas 200 hektar ini menghasilkan kopi Moloka’i yang terkenal. Kopi dengan varietas Arabica Kona ditanam secara organik dan menghasilkan minuman dengan citarasa floral, sedikit aroma berry dan karamel juga wangi rempah. Bodynya yang full dengan keasaman rendah dilengkapi dengan aftertaste cokelat yang tahan lama. Kombinasi rasa ini ditambah dengan kelangkaannya membuat kopi Moloka’i berharga tinggi, sekitar Rp670.000 / 500gram.

3. St. Helena Coffee (Saint Helena) – $79 / 500gram

Saint Helena adalah sebuah negara pulau terpencil di tengah Samudera Atlantik. Napoleon Bonaparte yang sempat diasingkan di pulau ini pada tahun 1815 jatuh hati pada rasa kopinya dan menanam sendiri kopi di pulau ini. Selain karena letaknya yang jauh sehingga membutuhkan biaya distribusi yang tinggi, kopi St. Helena menjadi mahal karena tidak ada yang bisa menyaingi aroma bunga-bungaan dan rasa asam sitrus yang menjadi ciri khas kopi Arabica Green Tipped Bourbon.

2. Kopi Luwak (Indonesia) – $160 / 500gram

Indonesia boleh bangga karena mempunyai salah satu kopi termahal di dunia. Mungkin banyak yang telah mengerti (juga geli) bahwa kopi ini sebenarnya adalah sisa hasil pencernaan luwak, hewan sejenis musang pemakan buah-buahan. Di alam liar, luwak hanya memakan biji kopi baik yang telah matang. Enzim dalam sistem pencernaan luwak menurunkan kadar keasaman kopi dan memberi citarasa unik lainnya. Rasa ini banyak dicari penggemar kopi sehingga orang rela mengumpulkan kotoran luwak dan membayar hingga Rp2.000.000 untuk setengah kilo kopi luwak yang sudah dibersihkan.

1. Hacienda La Esmeralda (Panama) – $350 / 500gram

Kopi dengan varietas Arabica Gesha ini berkali-kali memenangkan penghargaan kelas dunia sejak tahun 2004. Dan di pelelangan kopi Panama tahun 2013 kopi ini laku terjual dengan harga $350 atau setara dengan Rp4.500.000 / 500gram. Ditanam dalam jumlah kecil di gunung Barú, Panama kopi ini mempunyai rasa buah tropis yang samar dengan keasaman yang menggelitik lidah. Kopi ditanam dekat dengan perkebunan buah-buahan dan dikupas dengan metode natural, eksotik sekali. Tak heran banyak coffee enthusiast memburu kopi langka ini setidaknya untuk pengalaman sekali seumur hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *