Kopi Sebagai Media, Media Untuk Kopi

Kopi Sebagai Media, Media Untuk Kopi

Berabad-abad kopi hidup di tanah Nusantara melahirkan beragam cerita, aneka ilmu, tak terhitung eratnya persaudaraan, dan kemajuan ekonomi. Akan tetapi literasi mengenai kopi ratusan tahun itu masih dikatakan minim. Pencatatan dan dokumentasi tentang kemajuan atau kemunduran kopi sulit didapat. Seringkali Kopi Dewa menemukan literasi yang dibuat bukan oleh anak negeri. Di era digital ini seharusnya masalah pencatatan dan dokumentasi dapat diatasi. Anak negeri lebih bisa berkontribusi baik memakai bahasa daerah, nasional, atau internasional. Itulah sebabnya Kopi Dewa ingin memberi sumbangsih sebab kopi sebagai media, media untuk kopi wajib adanya.

 

Kopi Sebagai Media

Di berbagai belahan dunia, kopi berperan sebagai media. Sejak kedai-kedai kopi pertama dibuka, orang beramai-ramai datang untuk menikmati minuman tersebut. Kasiat kopi yang begitu banyak menumbuhkan kecintaan orang-orang. Mulai dari relaksasi, menyegarkan badan, meningkatkan daya pikir, membantu otak fokus, dan terutama kopi sebagai media komunikasi.

Tak heran bila kedai-kedai kopi dipadati orang-orang untuk berdiskusi, bekerja, dan berkarya. Ambil contoh di Aceh. Provinsi dengan sejuta kedai tersebut sejak dahulu punya budaya ngopi. Mereka berkumpul tidak hanya untuk mengobrol namun juga bekerja di sana. Kedai kopi adalah kantor mereka. Selain Aceh, masih banyak daerah yang memiliki budaya serupa. Di kota-kota besar gejala tersebut sudah mulai mendarah daging.

Kopi menjadi bahasa tersendiri. “Ngopi, yuk!” adalah semacam kode untuk berkumpul, mengobrol ringan, atau brainstorming. Kopi dapat Abdi Kopi lihat sebagai bahasa fleksibel. Ia bisa bertransformasi dan menyentuh berbagai kalangan. Entah itu di warung kopi pinggir jalan, kedai kopi tempat anak muda nongkrong, atau kafe-kafe kelas atas. Kopi tidak mengenal hirarki ataupun kasta. Ia menjadi majemuk, sebagai bahan baku yang siap diolah tergantung segmentasi dan kepribadian.

Maka seperti kopi sebagai media patutlah kita mencipta media untuk kopi. Kesadaran tersebut melahirkan Kopi Dewa. Karena kopi dengan beragam sisi tak akan pernah habis dikupas. Selalu ada kebaruan dalam dinamikanya.

 

Media untuk Kopi

Kopi Dewa pernah membahas mengapa situs ini tercipta. Minimnya sumber informasi tentang kopi dalam Bahasa Indonesia mendorong pembuatan situs ini untuk pemenuhan kebutuhan para pegiat kopi ataupun para pencinta kopi. Selain mencatat pengetahuan dan jejak-jejak kopi di Indonesia, Kopi Dewa membahas tentang panduan seduh, biji kopi, peralatan kopi, pertemuan dengan sosok-sosok inspirasional, dan juga perjalanan dari satu kedai kopi ke kedai kopi.

Keberadaan Mini Lab Kopi Dewa memungkinkan mengulas kopi lebih dalam lagi. Bersama-sama pegiat dan pencinta kopi, Kopi Dewa bereksperimen dan membuktikan suatu teori kopi. Hasilnya ada panduan seduh, pernak-pernik penyajian kopi, dan bagaimana cara menggunakan suatu peralatan dan mengujicobanya.

Bicara soal media, Abdi Kopi pasti akrab dengan media sosial, kan? Nah, Kopi Dewa menyambut hangat kehadiran media sosial dan menjadikannya sebagai alat untuk berbagi. Selain situs kopidewa.com, kami juga memiliki akun Instagram, Fanpage, Twitter, dan Youtube.

Kemajuan pesat di ranah informasi menciptakan tren dan kebutuhan akan video. Tak bisa dinafikan bahwa media tulis dan video jalan beriringan. Video kini dipandang sebagai media pendidikan dan pembelajaran yang efektif. Oleh sebab itu, kreator Kopi Dewa merambah video selain tulisan dan foto.

Abdi Kopi bisa menyaksikan live Kopi Dewa di Instagram setiap selasa atau rabu yang membahas berbagai sisi tentang kopi, eksperimen, dan diskusi. Misalnya bahasan tentang espresso, filter kopi, dan lain sebagainya. Bagi Abdi Kopi yang tidak sempat melihat live Kopi Dewa bisa menontonnya di IG TV Kopi Dewa. Maklumlah live di IG hanya bisa kamu lihat 24 jam saja. Suka nonton Youtube? Kopi Dewa punya akun di Youtube juga, loh. Nantikan tayangan perdana kami, ya. Jangan lupa subscribe dan like. Setiap interaksi Abdi Kopi merupakan energi bagi kami.

Apakah video di IG TV dan akun Youtube Kopi Dewa akan sama? Tentu tidak. Kopi Dewa berusaha merangkul berbagai kalangan sehingga menyuguhkan video yang beragam. Selain itu, Abdi Kopi juga bisa menghubungi Kopi Dewa untuk memberikan saran, ide, dan gagasan bagi berbagai tayangan kami.

 

Sejak awal berbagi ilmu dan mencatat jejak sejarah kopi merupakan visi misi Kopi Dewa. Kopi Dewa sejatinya adalah media untuk kopi, media berinteraksi sesama manusia. Keberadaan Mini Lab merupakan rangka penegak media tersebut. Dan berdirinya roastery maupun warung kopi dimaksudkan agar sebagai media, Kopi Dewa dapat berdiri di kaki sendiri.

Kopi sebagai media dapat Abdi Kopi rasakan di mana-mana. Media untuk kopi tea rus bertumbuh dan berkembang. Semakin banyak yang merekam jejak kopi semakin baik pula untuk kita. Karena kopi adalah salah satu bahasa pemersatu manusia. Setuju?

kopidewa

Menyuguhkan fakta dan info lengkap tentang kopi meliputi sejarah, trend, hingga bisnis kopi Indonesia dan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *