Isi Secangkir Kopi (bagian 3)

Setelah membahas zat yang memberikan rasa pahit dan manis, kali ini kita mengulas zat-zat yang kurang dikenal dan lebih misterius daripada zat-zat sebelumnya. Zat-zat berikut ini ikut menentukan aroma dan citarasa akhir di dalam isi secangkir kopi kita.

  1. Acetaldehyde
    Atau dikenal dengan nama ethanal, senyawa ini umum dipakai dalam pembuatan parfum, pewangi ruangan, pengencer cat, dan bahan peledak. Terdengar aneh, tapi zat ini juga banyak digunakan dalam industri makanan sebagai penguat rasa buttery. Zat inilah yang memberikan efek body tebal seperti cokelat hangat pada kopi.
  2. Trigonelline
    Terdapat dalam jumalh sedikit namun memberikan aroma “gosong” khas kopi. Pada tingkat sangrai ringan, Trigonelline belum banyak terbentuk sehingga bau gosong belum terasa. Bagi banyak orang Indonesia, kopi yang tidak berasa gosong belumlah dianggap kopi, sehingga keberadaan Trigonelline sangatlah penting.
  3. Mallic Acid
    Adalah asam yang banyak terdapat pada buah-buahan terutama apel hijau. Kombinasi dengan Citric Acid dan asam-asam lainnya akan memberikan rasa samar buah-buahan mulai dari berry, lemon, nanas, hingga durian.
  4. Kalium
    Banyak terdapat pada pisang dan kacang-kacangan, kalium berperan penting dalam metabolisme tubuh sebagai pengatur tekanan darah dan denyut jantung. Dalam jumlah sedikit, kalium pada kopi memberikan rasa manis yang samar.

Baca bagian 1 dan bagian 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *