Isi Secangkir Kopi (bagian 2)

Setelah membahas zat-zat yang membuat kopi menjadi pahit, kali ini kita mengurai elemen yang membuat kopi terasa manis. Kopi kok manis? Ya memang tidak akan semanis gula, tapi biji kopi berkualitas disertai dengan cara seduh yang benar dapat menghasilkan secangkir kopi dengan rasa manis yang samar. Berikut kandungan gula yang terdapat dalam isi secangkir kopi:

  1. Polisakarida
    Polisakarida adalah ikatan gula kompleks yang terdapat pada biji kopi hijau sebelum proses sangrai dilakukan. Pada suhu tinggi, ikatan polisakarida akan terurai menjadi rantai gula sederhana. Semakin gelap tingkat sangrai, semakin sedikit kadar gula yang tersisa. Tapi karamel hasil penguraian polisakarida tetap memberikan rasa manis dalam minuman kopi.
  2. Fruktosa
    Fruktosa banyak terdapat pada kulit buah dan getah kopi yang biasanya meresap ke dalam biji kopi. Kadar fruktosa yang tertinggal pada biji kopi bergantung pada metode kupas yang digunakan. Fruktosa lebih mudah terurai panas sehingga dibutuhkan tingkat sangrai light roast agar kandungan fruktosa tidak terlalu banyak hilang.
  3. Sukrosa
    Sukrosa adalah ikatan gula sederhana yang terbentuk dari terurainya polisakarida saat proses sangrai. Karamel yang terbentuk dari pemanasan sukrosa memberikan rasa manis pahit (bittersweet) dalam minuman kopi.

Untuk mendapatkan secangkir kopi yang lebih sehat, tentunya kita tidak ingin menambahkan terlalu banyak gula saat menyeduh kopi. Hal ini bisa disiasati dengan menggunakan suhu air yang tidak terlalu panas (maksimal 96°C) agar gula yang tersisa tidak terurai dan memberikan rasa gosong (burnt).

Baca bagian 1 dan bagian 3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *