Caffe Macchiato dan Latte Macchiato

Caffe Macchiato dan Latte Macchiato

Caffe Macchiato dan Latte Macchiato
Salah satu varian menu kopi turunan dari espresso adalah macchiato. Macchiato sendiri dalam bahasa Italia artinya ternoda (marked dalam bahasa Inggris). Ya, secara harfiah ini adalah minuman kopi ini yang ‘dinodai’ oleh sedikit susu. Dalam bahasa Portugis, macchiato disebut café pingado yang jika diterjemahkan maka akan bermakna kopi dengan setitik noda (coffee with a drop of milk).

Namun di beberapa kedai kopi, macchiato malah disajikan dengan lebih banyak susunya. Itu karena yang dimaksud dengan macchiato di sini adalah latte macchiato. Ada perbedaan antara caffe macchiato dan latte macchiato. Latte macchiato bermakna kebalikan dengan caffe macchiato. Latte macchiato adalah latte (susu) yang dinodai dengan kopi. Sedangkan caffe macchiato adalah kopi yang dinodai dengan susu.

Kalau begitu apa bedanya antara cafe latte, caffe macchiato dan latte macchiato? Kata kuncinya ada di rasio antara espresso dan susu yang digunakan. Walaupun sama-sama berbahan dasar espresso dan susu, dengan perbandingan yang berbeda akan menghasilkan minuman yang berbeda. Tentu dengan rasa pastinya yang tidak sama juga.

Caffe macchiato menggunakan perbandingan 1:1 antara espresso dan susu. Susu yang dipakai adalah susu yang telah dibuihkan dengan cara di-steam. Untuk latte macchiato, perbandingan yang digunakan adalah 1 bagian espresso dengan 4 bagian susu. Sedangkan caffe latte hanya menggunakan 3 bagian susu untuk 1 bagian espresso. Sehingga latte macchiato adalah minuman yang paling banyak memakai susu, dan caffe macchiato mempunyai rasa kopi yang paling kuat.

Di Italia sendiri ada 2 varian caffe macchiato. Versi yang menggunakan susu hangat biasa disebut dengan macchiato caldo. Sedangkan versi yang menggunakan susu dingin disebut macchiato freddo. Metode menghangatkan susu untuk membuat macchiato hapir mirip dengan membuat latte atau cappuccino yaitu dengan cara menyemprotkan uap air panas (di-steam). Perbedaannya adalah banyaknya buih susu yang digunakan. Buih susu untuk macchiato adalah yang paling banyak di antara cappuccino dan caffe latte.

Untuk penikmat kopi yang baru belajar minum espresso, biasanya memulai dengan mencicip menu latte macchiato yang mempunyai paling banyak susu. Lalu mengurangi porsi susu dengan minum caffe latte atau cappuccino. Baru kemudian dilanjutkan dengan caffe macchiato yang mempunyai sangat sedikit susu.

Selain rasio antara espresso dan susu, cara penyeduhan hingga rasa yang dihasilkan, masih ada beberapa perbedaan mendasar antara latte macchiato dan caffe macchiato.

  1. Caffe macchiato disajikan dalam cangkir kecil sedangkan latte macchiato disajikan dalam gelas berukuran besar.
  2. Biasanya caffe macchiato dihiasi dengan sentuhan latte art sederhana seperti bentuk heart sedangkan latte macchiato biasanya dihias dengan penyajian yang berlapis (layering)
  3. Karena disajikan secara berlapis, penyajian latte macchiato biasanya tidak diaduk. Sedangkan pada caffe macchiato espresso dan susu langsung tercampur ketika susu dituang ke cangkir.
kopidewa

Menyuguhkan fakta dan info lengkap tentang kopi meliputi sejarah, trend, hingga bisnis kopi Indonesia dan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *