Alat Seduh Kopi Vietnam Drip Dan Kisahnya

Alat Seduh Kopi Vietnam Drip Dan Kisahnya

Kisah awal ditemukan alat seduh kopi vietnam drip memang sedikit miris. Agak berbeda dengan temuan alat seduh kopi yang telah kami bahas sebelumnya. Sebagai bagian dari negara Asia Tenggara pada suatu masa Vietnam pernah mengalami ekonomi yang cukup terpuruk, sulit, dan kekurangan karena perang yang berkepanjangan dari tahun 1957 hingga 1975. Masa kelam itu membuat penduduk Vietnam kesusahan sekali untuk bisa menikmati kopi yang nikmat.  Di Italia, saat itu mesin kopi espresso sekitar tahun 1960an sangatlah populer dan terdengar gaungnya sampai ke negara Vietnam.

Tentu harga secangkir kopi espresso yang mahal membuat sebagian masyarakat pencinta kopi di Vietnam tak mampu membelinya dan hanya bisa mendengar keistimewaan kopi espresso dari kejauhan. Mereka pun mencari cara untuk membuat secangkir kopi berbeda yang memiliki cita rasa yang enak. Alat seduh kopi vietnam drip pun muncul di saat-saat genting tersebut.

Kesedihan, kemalangan, dan keterpurukan rakyat Vietnam akibat perang, tak lantas membuat mereka kehilangan ide dan inspirasi. Kita sebagai penikmat kopi, berhutang budi pada mereka yang telah menemukan alat seduh kopi vietnam drip di saat mereka pernah mengalami masa-masa kelaparan hebat dan napas yang berada di ujung kematian. Susu kental manis yang menjadi ciri khas vietnam drip dan tidak menggunakan gula sebenarnya ada keterkaitan dengan iklim kondisi Vietnam saat itu yang sulit untuk mendapatkan gula sebagai campuran dalam menghidangkan kopi.

Sebagian besar rakyat Vietnam sendiri memang pencinta kopi seperti halnya di Indonesia. Kedai-kedai kopi di Vietnam hari ini cukup banyak menjamur di berbagai kota di Vietnam. Konon, menurut catatan sejarah kopi Vietnam, awal mula kopi tumbuh subur karena dibawa dan ditanam oleh seorang pastur yang religius berasal dari Perancis. Kedatangan pastur tersebut ke Vietnam terjadi pada tahun 1857. Mulailah sang pastur menanam kopi di dataran-dataran tinggi Vietnam. Vietnam sendiri sebenarnya memiliki kondisi iklim alam yang sedikit mirip dengan Indonesia. Sehingga kopi yang ditanam di sana tumbuh dengan baik dan maksimal. Jadi tak heran, kalau alat seduh kopi vietnam drip ditemukan di Vietnam. Itulah Vietnam drip dan kisah sedihnya.

Alat seduh kopi vietnam drip atau saringan tetes Vietnam mendapat kesuksesannya ke berbagai belahan negara dunia. Termasuk di Indonesia sendiri, saringan tetes ini mendapatkan tempat di hati para penikmat kopi. Menyoal rasa, kita bisa sesuaikan dengan selera dan body yang beragam. Anda pun bisa bereksprimen dengan segala jenis biji kopi yang Anda sukai. Termasuk biji kopi arabica karena alat seduh ini diidentik dengan kopi robusta. Asalkan takaran susu dan air panas, tepat. Selain praktis harga yang ditawarkan untuk satu alat vietnam drip cukup murah. Banyak tersedia di berbagai toko alat-alat kopi maupun swalayan.

Untuk membuat secangkir kopi dengan rasa yang kuat dari alat seduh kopi vietnam drip, Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Kesederhanaan alat ini bisa digunakan siapa pun termasuk seorang pemula dalam hal kopi. Anda hanya membutuhkan vietnam drip, susu manis, dan bubuk biji kopi selera Anda.

Sebetulnya menggunakan alat seduh kopi vietnam drip tidak harus selalu menambahkan susu kental manis. Hanya saja karena lebih banyak dipakai kopi robusta biasanya ditambahkan susu untuk mengurangi rasa pahit. Vietnam drip hadir untuk memuaskan Anda dalam menyajikan kopi dengan cara sederhana dan praktis di mana pun Anda berada.

Sumber gambar: https://id.pinterest.com/pin/566468459354446475/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *