Alat Seduh Kopi Moka Pot, Kecintaan Orang Italia

Alat Seduh Kopi Moka Pot, Kecintaan Orang Italia

Alat seduh kopi moka pot, memang mempunyai bentuk design yang sangat vintage, unik, dan klasik. Sebagai penikmat kopi Anda layak memiliki alat seduh kopi yang cukup terkenal ini. Moka pot seperti juga vietnam drip memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang dan tua. Kalau Anda tahu, moka pot ternyata adalah awal mula ditemukannya mesin kopi espresso di dunia.

Penemu mesin espresso terinspirasi dengan benda mungil berwarna silver yaitu alat seduh kopi moka pot. Karena bila Anda pernah mencicipi kopi dari moka pot, maka rasa kopi Anda sedikit sama dengan kopi espresso. Rasa kopi yang ditawarkan cukup kuat kalau Anda menggunakan moka pot. Kalau Anda memiliki alat seduh kopi ini di rumah, Anda harus mengetahui sejarah di balik siapa penemu moka pot.

Di dunia perkopian, alat seduh kopi moka pot juga dikenal dengan sebutan lain caffettiera atau secara bahasa diistilahkan ‘”Pembuat Kopi”. Moka pot digunakan di atas kompor api atau kompor listrik dan secara tradisional bentuknya terbuat dari aluminium. Meski kadang alat seduh kopi ini terbuat dari baja tahan karat atau paduan lainnya yang bisa menghasilkan kopi dengan mendidih air yang bertekanan uap kepada kopi bubuk. Alat seduh kopi ini, umumnya terdiri dari tiga bagian. Bagian bawah untuk tempat air yang sudah dipanaskan sebelumnya. Bagian ke dua filter kopi untuk tempat bubuk kopi Anda dan bagian penampung paling atas sebagai tempat pembuangan akhir kopi yang telah jadi lalu dituangkan ke dalam cangkir.

Pertama kali ditemukan lalu dipatenkan oleh seorang penemu berkebangsaan Italia, Luigi De Ponti untuk Alfonso Bialeti sekitar tahun 1933. Sampai sekarang, Bialeti Industri terus memproduksi model yang sama secara masal dengan nama Moka Ekspress dan sangat populer di dunia. Alfonso Bialetti sendiri adalah seorang insinyur yang terkenal karena mengakuisisi penemuan pembuat kopi moka potnya Luigi De Ponti. Pertama kali moka pot dirancang pada tahun 1933. Tahun yang sama dengan dipatenkannya alat ini.

Teko kopi ini telah menjadi ikon dalam hal minum kopi sejak tahun 1950-an di Italia. Moka pot adalah sumber nostalgia bagi banyak orang Italia dan merupakan bagian penting dan style dari hampir setiap dapur di Italia. Jadi hampir bisa dikatakan, kalau moka pot ini sangat dicintai masyarakat Italia dan menjadi kebanggaan mereka. Sekarang sudah banyak variasi dari moka pot telah dikembangkan.

Alat seduh kopi moka pot paling sering digunakan di beberapa negara Eropa (terutama Italia, Portugal, dan Spanyol), Amerika Latin, dan juga di Indonesia. Moka pot telah menjadi desain yang sangat ikonik, dan kerap kali ditampilkan dalam museum seni dan desain industri modern seperti Wolfsonian-FIU, Museum of Modern Art, Cooper-Hewitt, National Design Museum, Museum Desain, dan London Science Museum.

Moka pot dibuat dalam berbagai ukuran, dari satu sampai delapan belas 50 ml porsi. Desain asli dan banyak model saat ini terbuat dari aluminium dengan gagang Bakelite.

Moka pot memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan alat seduh kopi. Alat seduh kopi moka pot, kecintaan orang Italia ini ditawarkan dengan harga cukup terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Jadi jika Anda belum pernah mencicipi kopi dari alat seduh kopi kebanggaan masyarakat Italia ini, segeralah mencobanya. Barangkali Anda akan merasakan sensasi sedang bertualang di Italia.

Sumber gambar: www.perkcoffee.sg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *