Affogato, Dessert Bagi Pecinta Kopi dan Es Krim

Affogato, dessert yang tepat bagi pencinta kopi dan es krim - Sumber Pixabay

Affogato Dessert Bagi Pecinta Kopi dan Es Krim 
Pernah mendengar tentang affogato? Affogato berasal dari Italia. Ya, lagi-lagi Italia sebagai penyumbang varian kopi yang paling banyak diminati dunia. Affogato ini adalah kombinasi sempurna antara es krim vanila lembut atau biasa disebut gelato dan juga siraman espresso yang menggugah lidah dan peredaran darah. Perpaduan kombinasi ini menghasilkan kenikmatan kopi yang kuat, lembut, melumer di lidah. Jadi tak heran, jika Affogato ini menjadi dessert yang sempurna.

Secara etimologi, affogato mempunyai makna tenggelam. Itu tercermin dari cara penyajian menu ini. Yaitu dengan cara menenggelamkan satu scoop es krim vanila gelato dalam cairan espresso. Di Italia sana, ternyata tidak hanya kopi (espresso) saja yang dijadikan cairan penenggelamnya. Melainkan juga ada amaretto, bicerin, dan berbagai jenis minuman lainnya.

Amaretto adalah minuman beralkohol khas Italia. Memiliki kadar gula cukup tinggi setidak-tidaknya 100 gram kadar gula per liternya. Amaretto berbahan dasar buah kenari atau biji dari buah aprikot yang dicampurkan dengan rempah-rempah seperti vanili. Umumnya amaretto berkadar alkohol 25%. Selain untuk campuran gelato, amaretto biasanya digunakan sebagai campuran untuk membuat minuman dan tiramisu.

Namun secara global, affogato adalah perpaduan mantap antara kopi dan es krim. Hidangan khas Italia ini, mempunyai rasa yang terbilang unik. Tidak seperti minuman kopi yang memakai whiped cream sebagai penambahan satu scoop es krim, affogato lebih menekankan kuatnya (murninya) espresso. Jadi tidak ada penambahan lain selain espresso. Rasa asam dan pahitnya dari kopi melembut dan menjadi manisnya karena kehadiran gelato tersebut. Sehingga tidak berlebihan bila dikatakan affogato dessert bagi pencinta kopi dan es krim. Bahkan bagi orang yang belum terbiasa minum kopi tanpa gula pun akan menyukainya.

Di berbagai negara di luar Italia, seperti Amerika, kedai kopi mereka maupun restorannya, banyak yang masih memperdebatkan tentang penempatan menu affogato ini. Apakah masuk dalam dessert ataukah murni sebagai minuman atau beverage? Namun di negara asalnya Italia, affogato lebih cenderung ditempatkan sebagai menu dessert ketimbang beverage. Anda pun sejatinya sah-sah saja memesan affogato sebagai hidangan pembuka, penutup, atau dinikmati satuan pun tak masalah. Affogato dessert bagi pencinta kopi dan es krim ini bisa jadi teman di berbagai suasana.

Di beberapa kedai kopi maupun restoran di berbagai penjuru dunia, telah banyak yang memodifikasi affogato ini. Biasanya mereka menambahkan semacam ”isi” di balik es krim tersebut. Isi yang dimaksud di sini dapat berupa, coklat, pudding, roti, kue kecil, pie, kacang, dan lain sebagainya. Bahkan ada pula yang menambahkan topping di atas es krimnya. Seperti, whiped cream, kacang, atau pun permen. Dengan begitu, rasa yang didapat pun lebih bervariasi.

Maka tak heran menu affogato ini menjadi pilihan favorit bagi para penikmat kuliner. Affogato sejatinya bisa kita buat sendiri di rumah. Yang perlu Anda siapkan hanyalah es krim gelato dan juga mesin pembuat espresso. Karena kamu sendiri yang membuat, sebetulnya pilihan es krimnya bisa bebas saja. Berapa scoop es krim pun tidak masalah.

Kalau tidak terlalu kuat meminum kopi, Anda bisa menggantinya dengan coklat cair saja ke atas es krim. Namun buat pertama kali, gunakanlah espresso. Agar Anda tahu dulu rasa orisinilnya dari affogato ini. Nanti jika sudah tahu rasa aslinya, Anda dapat bereksperimen dengan mencoba berbagai kombinasi lain, seperti coklat tadi. Atau minuman bersoda pun juga bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *